Kapolri Buka Festival Keceran Tjimande di Stadion Madya GBK

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 21:56 WIB
loading...
Kapolri Buka Festival Keceran Tjimande di Stadion Madya GBK
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membuka acara Festival Keceran Tjimande di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Foto: MPI/M Farhan
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membuka acara Festival Keceran Tjimande di Stadion Madya Gelora Bung Karno ( GBK ), Senayan, Jakarta Pusat. Kini acara yang diikuti oleh puluhan ribuan pendekar silat itu resmi dibuka.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, Kapolri hadir sekitar pukul 19.49 WIB. Menariknya, saat hendak mendekati panggung, Sigit membuka sepatunya lantaran mengikuti para pendekar yang tidak memakai alas kaki.

Sigit datang dengan disematkan baju resmi perkumpulan Kesenian Tari Tjimande Kolot Kebon Djeruk Hilir (Kesti TTKKDH). Listyo yang tampak gagah dikalungi sebuah kain sarung berwarna hijau dan mengenakan songkok kopiah berwarna hitam.

Setelah melepas sepatunya, Sigit naik ke atas panggung dan duduk bersama tokoh-tokoh pejabat, ulama, dan pendekar silat lainnya. Diketahui, Sigit ikut hadir lantaran sebagai Ketua Dewan Pembina Kesti TTKKDH.



Sesaat setelah Sigit hadir, atraksi pencak silat dan debus khas Banten ditampilkan bersamaan. 30 ribu pendekar yang ikut memeriahkan kegiatan tersebut pun ikut menampilkan atraksi bersama-sama silat khas Cimande di hadapan Jenderal Polisi berbintang empat itu.

Selain Sigit, tampak sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi Banten, Wali Kota Cilegon, dan sejumlah tokoh perwakilan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Ketua DPP Kesti TTKKDH Wahyu Nurjamil menjelaskan, tradisi kaceran dalam milad lembaganya kali ini berbeda. Hal ini dikarenakan pelaksanaan tradisi kaceran kali ini diikuti oleh 30 ribu pendekar ahli pencak silat dari Banten, DKI Jakarta, dan Lampung.

"Milad ke-79 kali ini, kami berupaya milad ini berbeda dari yang lain. Kami pun berupaya milad Kesti TTKKDH kali ini mengangkat ke level nasional," ujar Wahyu dalam keterangannya, Sabtu (8/10/2022).

Wahyu mengungkapkan, ritual kaceran kali ini dihelat dengan bertujuan memecahkan rekor MURI lantaran diikuti oleh puluhan ribu pendekar pencak silat.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)