8 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

Minggu, 05 Juli 2020 - 08:00 WIB
loading...
A A A
4. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan memliki luas 147 hektare dan berpenghuni lebih dari 2.000 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 50.000 pohon. Taman Margasatwa Ragunan didirikan pada 9 September tahun 1864 di Batavia (kini Jakarta) dengan nama “Planten en Dierentuin” ini pertama kali di kelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia ).

Taman ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektare di Jalan Cikini Raya No 73 yang di hibahkan oleh Raden Saleh, pelukis ternama di Indonesia. Setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1949 namanya diubah menjadi Kebun Binatang Cikini.

Dengan perkembangan Jakarta, Cikini menjadi tidak cocok lagi untuk peragaan satwa. Pada tahun 1964, di masa Gubernur DKI Jakarta Dr. Soemarno dibentuk Badan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Kebun Binatang untuk memindahkan dari Jalan Cikini Raya No 73 ke Pasar Minggu Jakarta Selatan yang diketuai oleh Drh. T.H.E.W. Umboh. Kebun Binatang Ragunan dibuka secara resmi pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin dengan nama Taman Margasatwa Ragunan.
8 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jakarta


5. Kota Tua Jakarta

Kota Tua juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Old Batavia), adalah wilayah kecil di Jakarta yang memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka).

Dijuluki "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah. Sebagai permukiman penting, pusat kota, dan pusat perdagangan di Asia sejak abad ke-16, Old Batavia merupakan rumah bagi beberapa situs dan bangunan bersejarah di Jakarta.
8 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jakarta


6. Taman Ismail Marzuki (TIM)

TIM berlokasi di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Diresmikan pembukaannya oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin pada 10 November 1968. Ismail Marzuki adalah seorang komponis pejuang kelahiran Betawi (Jakarta) yang telah menciptakan lebih dari 200 lagu di antaranya merupakan lagu-lagu perjuangan bangsa, Halo-Halo Bandung, Berkibarlah Benderaku, Nyiur Melambai, Sepasang Mata Bola.

Atas jasanya itu, komponis Betawi ini diabadikan namanya untuk penamaan Pusat Kesenian Jakarta yang populer disebut Taman Ismail Marzuki (TIM).
TIM dibangun diatas areal tanah seluas 9 hektare. Dulu tempat ini dikenal sebagai ruang rekreasi umum Taman Raden Saleh (TRS).
8 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jakarta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)