Melihat Layanan Bus di Bandara Soetta yang Makin Nyaman, Modern, dan Profesional

Rabu, 05 Oktober 2022 - 21:38 WIB
loading...
Melihat Layanan Bus di Bandara Soetta yang Makin Nyaman, Modern, dan Profesional
Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) memperkuat digitalisasi pada layanan transportasi bus melalui platform digital Bus Management System. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Layanan bus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) kini semakin nyaman, modern, dan profesional. Bandara Soetta memperkuat digitalisasi pada layanan transportasi bus melalui platform digital Bus Management System.

PT Angkasa Pura Sarana Digital (APSD) bagian dari Angkasa Pura II Group pada awal bulan ini meluncurkan platform tersebut dalam rangka soft launching yang digunakan semua operator bus di Bandara Soetta guna mewujudkan pengelolaan dan layanan bus yang lebih modern dan profesional.
Baca juga: Mau Coba Layanan Ala Tamu Kenegaraan, Bandara Soetta Punya Saphire Precious

Saat ini, di Bandara Soetta tersedia berbagai rute bus dari dan ke Jabodetabek maupun wilayah lainnya yang dilayani 11 operator bus (PO) dan shuttle yakni Damri, Primajasa, HIBA Utama, Sinar Jaya, Big Bird, PPD, AGRA Mas, Lorena, Jackal Holidays, Lintas Shuttle, dan Citirans. Setiap harinya jumlah penumpang bus dari dan ke Bandara Soetta berkisar 4.000 penumpang.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menuturkan pengembangan di Bandara AP II mengedepankan penggunaan teknologi dan kolaborasi di antara stakeholder untuk memberikan journey experience terbaik bagi penumpang pesawat.
Melihat Layanan Bus di Bandara Soetta yang Makin Nyaman, Modern, dan Profesional


“Pemanfaatan teknologi di Bandara AP II mencakup seluruh lini operasional dan pelayanan. Di Bandara Soekarno-Hatta telah dilakukan soft launching platform Bus Management System untuk pengelolaan layanan transportasi darat khususnya bus yang lebih modern dan profesional, sehingga memberikan kenyamanan dan journey experience terbaik bagi penumpang pesawat pada periode post-journey atau saat mendarat di bandara kemudian menggunakan bus menuju tujuan akhir,” ujar Awaluddin, Rabu (5/10/2022).

Menurut dia, transportasi darat di bandara adalah layanan yang sangat penting bagi traveler. AP II selaku operator bandara berkewajiban memastikan tersedianya layanan transportasi darat untuk akses dari dan ke bandara.

"Tidak hanya itu, AP II secara berkelanjutan selalu meningkatkan layanan transportasi darat seperti saat ini kami memperkenalkan platform Bus Management System untuk layanan yang lebih baik," katanya.

AP II berupaya mewujudkan Bandara Soetta sebagai pusat perekonomian yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan teknologi modern guna memudahkan aktivitas masyarakat.

Direktur Utama PT Angkasa Pura Sarana Digital Ferdian Agustiana menjelaskan platform Bus Management System dapat mengintegrasikan atau menghubungkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) pada layanan bus di Bandara Soetta.

Melalui Bus Management System, hardware seperti vending machine untuk pembelian tiket bus, Passenger Information Display System (PIDS), boarding system (autogate) dan Vehicle Tracking System akan terintegrasi atau terhubung langsung dengan software berupa dashboard management yang digunakan oleh operator bus, AP II sebagai operator bandara dan stakeholder lainnya termasuk penyedia pembayaran digital seperti QRIS, perbankan dan penyedia dompet elektronik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)