Profil dan Biodata Ade Armando, Dosen UI yang Menyebut Aremania Penyebab Utama Tragedi Kanjuruhan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:19 WIB
loading...
Profil dan Biodata Ade Armando, Dosen UI yang Menyebut Aremania Penyebab Utama Tragedi Kanjuruhan
Ade Armando, Dosen Universitas Indonesia yang kembali mencuri perhatian publik. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ade Armando , Dosen Universitas Indonesia yang kembali mencuri perhatian publik usai menyatakan bahwa tragedi Kanjuruhan adalah murni kesalahan dari Aremania .

Dalam sebuah video yang diunggah melalui akun twitter @iPhyM, dia mengungkapkan bahwa penyebab utama Tragedi Kanjuruhan adalah suporter Arema yang sok jagoan dengan melanggar semua aturan di dalam stadion.

Baca juga : Ade Armando Jadi Trending Topic Twitter

Hal tersebut lantas mengundang banyak respon negatif netizen. Bukan hanya pertama ini Ade Armando menjadi sorotan publik. Sebelumnya dia sempat diamuk massa saat aksi demonstrasi di depan Gedung DPR RI.

Karena itulah banyak orang yang penasaran tentang siapa sosok Ade Armando sebenarnya. Berikut profil singkat dan biodatanya.

Ade Armando lahir pada 24 September 1961 di Jakarta. Dia kini menjadi dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini memiliki darah Minangkabau. Ayahnya sempat menjadi atase di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Maroko dan Filipina pada masa Presiden Soekarno.

Ade Armando memulai masa pendidikan formalnya di SD Banjarsari I Bandung pada 1973. Kemudian melanjutkannya ke SMP Negeri 2 Bogor, dan SMA Negeri 2 Bogor.

Setelah menyelesaikan masa pendidikan dasar, Ade lantas berkuliah di Universitas Indonesia dan mengambil Jurusan Ilmu Komunikasi. Sembari mengenyam pendidikan dia juga aktif dalam pers mahasiswa, Warta UI.

Dari sinilah Ade Armando mulai mendalami jurnalistik bersama Rosihan Anwar dan Masmimar Mengiang. Setelah menyelesaikan studi pada 1988. Dia lalu melanjutkan kuliah ke Universitas Negeri Florida dan meraih Master of Science tahun 1991.

Gelar doktor juga diraihnya ketika menyelesaikan pendidikan di Universitas Indonesia pada tahun 2006.

Sebelum menjadi dosen dia sempat bekerja sebagai wartawan, aktif di dunia penelitian hingga menjadi aktivis.

Sepak terjangnya di dunia jurnalistik dimulai dari menjadi anggota Redaksi Jurnal Prisma pada tahun 1988-1991. Kemudian ia juga menjadi Redaktur Harian Republika pada tahun 1993-1998.

Baca juga : Ustaz Yusuf Mansur Tunggu Iktikad Baik Ade Armando

Selain itu dia juga pernah menjadi anggota Komisi Penyiaran Indonesia pada tahun 2004-2007. Di lanjutkan bergabung dalam anggota tim asistensi untuk Kementerian Pemberdayaan Perempuan dalam penyiaran naskah Rancangan Undang-Undang Pornografi tahun 2008.

Dalam karirnya Ade sempat meraih dua penghargaan sebagai Wakil Indonesia dalam “Internasional Visitor Leadership Program” yang di gelar oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat Pada Februari 2005 yang lalu.

Untuk biodata Ade Armando sendiri adalah sebagai berikut :

Nama : Dr. Ade Armando, M.S
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 24 September 1961
Kebangsaan : Indonesia
Almamater : Universitas Indonesia dan Florida State University
Profesi : Dosen FISIP UI
Istri : Dra. Nina Mutmainnah, M.Si.
Jumlah Anak : 2
Karya Tulis : Televisi Jakarta di Atas Indonesia (2011), dan Televisi Indonesia di Bawah Kapitalisme Global (2016)
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1013 seconds (0.1#10.140)