Peduli Sungai Kalimalang, YRE Adopsi Model Sinergitas Pentahelix Citarum Harum

Jum'at, 30 September 2022 - 21:12 WIB
loading...
Peduli Sungai Kalimalang, YRE Adopsi Model Sinergitas Pentahelix Citarum Harum
Sungai Kalimalang yang melintasi Bekasi hingga Jakarta. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Yayasan Rumah Energi (YRE) menginisiasi sebuah aksi program peduli sungai Kalimalang bertajuk 'Melihat, Berbagi dan Bekerja untuk Kalimalang' (HATI Kalimalang). Program ini dilakukan untuk memantau kondisi langsung terkait kualitas sungai air Kalimalang.

Team Leader program HATI Kalimalang Yayasan Rumah Energi, Jihan mengatakan inisiasi program ini dilakukan lantaran sumber daya air saluran Kalimalang berperan penting bagi kehidupan masyarakat di Bekasi, Jakarta dan Karawang.

Pemanfaatan air kalimalang digunakan baik dari sektor kebutuhan industri, air bau, irigasi, pertanian hingga berbagai kebutuhan lainnya. Baca juga: Asal Usul Kalimalang, Saluran Air yang Melintang di Atas Kali Sunter

Apalagi dalam temuan berbagai sumber menunjukan kualitas air baku Kalimalang di beberapa titik pada status tercemar sedang hingga berat yang mengacu pada Permenkes Nomor 492 tahun 2010.

”Data ini seharusnya perlu kita konsolidasikan supaya hasil analisisnya lebih akurat untuk menjadi dasar strategi rencana aksi bersama.” kata Team Leader program HATI Kalimalang dari Yayasan Rumah Energi, Jihan dalam keterangannya, Jumat (30/9/2022).

Inisiasi ini merupakan kepedulian langsung akan pemanfaatan air yang berkelanjutan. Diharapkan memberikan upaya mitigasi yang dilakukan bersama-sama dengan melibatkan para pihak mulai dari regulator, operator, pengguna air baku hingga masyarakat.

Sehingga, untuk mensukseskan program ini para pemangku kepentingan pun diundang untuk menggelar forum diskusi guna menjadi isu inklusif dan dapat ditangani secara kolektif. Baca juga: Teluk Jakarta Diduga Tercemar Paracetamol, DLH Periksa Sampel Air Laut

Konsep ini, juga pernah dilakukan oleh model sinergitas pentahelix Cipayung Harum dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup unsur pemerintah, PDAM Tirta Bhagasasi, unsur masyarakat dan PJT II dan BBWS Citarum selaku operator dan regulator.

”Kami pihak yang mendorong kolaborasi berharap besar bahwa deklarasi forum ini tidak hanya deklarasi saja, tapi juga akan menjadi forum yang produktif dan bisa melibatkan semakin banyak pihak. Bisa jadi bola salju untuk konservasi di sungai lainnya,” tutur Jihan.

Berkenaan dengan peringatan Hari Sungai Sedunia yang dilaksanakan setiap minggu ke empat bulan September, virtual event bertajuk “Deklarasi Forum Kolaborasi Tarum Barat Juara: Melihat, Berbagi, dan Bekerja untuk Kalimalang”.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk membuka ruang diskusi publik dan untuk menjangkau jejaring kolaborasi dari sektor akademisi dan media. Virtual event ini juga menjadi momentum untuk menyepakati bersama pembentukan forum kolaborasi pentahelix.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1172 seconds (10.177#12.26)