Update MRT Jakarta: Pembangunan Terowongan Bawah Tanah Harmoni-Mangga Besar

Kamis, 29 September 2022 - 20:17 WIB
loading...
Update MRT Jakarta: Pembangunan Terowongan Bawah Tanah Harmoni-Mangga Besar
PT MRT Jakarta tengah mengerjakan pembangunan MRT Fase 2 rute Harmoni hingga Jakarta Kota. Proyek mencakup pembangunan Stasiun Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT MRT Jakarta tengah mengerjakan pembangunan MRT Fase 2 rute Harmoni hingga Jakarta Kota. Proyek di lapangan mencakup pembangunan Stasiun Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar.

Pembangunan ini juga mencakup terowongan bawah tanah dari Harmoni hingga Mangga Besar dengan total panjang 1,8 km.
Baca juga: MRT Fase 2 Jalur Terowongan Mangga Besar-Kota Dimulai September 2021

Dikutip dari situs MRT Jakarta, desain terowongan dan stasiun CP202 berbeda dari CP201 dan CP203 fase 2A dan fase 1. Dua perbedaan utama terlihat pada tipe terowongan dan stasiun bawah tanah.

Selain itu, pada fase 1 dan 2A, tipe stasiun bawah tanah terdiri dari dua lantai dan tipe terowongannya sejajar.

"Pada fase 1 dan stasiun fase 2A lainnya, tipe stasiun bawah tanah terdiri dari dua lantai, sedangkan CP202 terdiri dari empat lantai," tulis PT MRT Jakarta, Kamis (29/9/2022).

CP202 terdiri dari empat lantai dan tipe terowongannya bertingkat (stacked tunnel). Adapun stasiun dan terowongan bertingkat diperlukan karena Stasiun Sawah Besar dan Mangga Besar dibangun hanya di bawah Jalan Gajah Mada (Stasiun Sawah Besar) dan Jalan Hayam Wuruk (Stasiun Mangga Besar).

Selanjutnya, empat lantai di kedua stasiun tersebut bakal terdiri dari lantai satu sebagai beranda peron (concourse). Empat lantai di kedua stasiun tersebut nantinya akan terdiri dari lantai satu sebagai beranda peron, lantai dua sebagai peron terowongan jalur ke selatan (Stasiun Lebak Bulus Grab), lantai tiga sebagai beranda peron, dan lantai empat sebagai peron terowongan menuju utara (Stasiun Kota).
Baca juga: Rizki Shebubakar, Milenial Lulusan ITB di Balik Proyek Terowongan MRT Fase 2

Berikut spesifikasi Stasiun Harmoni hingga Stasiun Mangga Besar yang tengah dikerjakan PT MRT Jakarta:

1. Stasiun Harmoni
Terdiri dari dua lantai, panjang stasiun 252 meter, lebar stasiun 16,4 meter, kedalaman 17 meter di bawah permukaan tanah. Memiliki tujuh entrance (empat di trotoar dan tiga terintegrasi langsung dengan halte Transjakarta.

2. Stasiun Sawah Besar
Terdiri dari empat lantai, panjang stasiun 200 meter, lebar stasiun 14,1 meter, kedalaman 27 meter di bawah permukaan tanah. Memiliki lima entrance (empat di trotoar dan satu terintegrasi langsung dengan halte Transjakarta).

3. Stasiun Mangga Besar
Terdiri dari empat lantai, panjang stasiun 220 meter, lebar stasiun 14,1 meter, kedalaman 28 meter di bawah permukaan tanah. Memiliki lima entrance (empat di trotoar dan satu terintegrasi langsung dengan halte Transjakarta).
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1626 seconds (11.97#12.26)