Profil Kolonel Frega Wenas, Dandim Jakarta Utara yang Sukses Meraih Gelar S3 di Inggris

Rabu, 28 September 2022 - 06:43 WIB
loading...
Profil Kolonel Frega Wenas, Dandim Jakarta Utara yang Sukses Meraih Gelar S3 di Inggris
Kolonel Inf Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang. Foto: Tangkapan layar/Siapp Update
A A A
JAKARTA - KolonelInfFregaFerdinandWenasInkiriwang adalah seorang perwira menengah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat ( TNI AD ). Saat ini, KolonelFrega menjabat sebagai Komandan Kodim 0502/ Jakarta Utara .

Kolonel Frega Wenas resmi menempatkan posisi barunya di jajaran TNI Angkatan Darat. Beliau adalah Putra Kawanua dipercayai menjadi Dandim Jakarta Utara. Baca juga: Profil Kolonel I Made Maha Yudhiksa, Dandim Jakarta Barat yang Terlibat Penanganan Gempa dan Tsunami Palu

Kolonel Frega Wenas mempunyai gelar Ph.D in International Relations di the London School of Economics and Political Science (LSE), United Kingkom. Frega juga berhasil menyandang status Fellow of Higher Education Academy (FHEA) yang dikeluarkan oleh Higher Education Academy (HEA) Inggris setelah mengajar dua tahun lamanya di LSE dan menyelesaikan ujian sertifikat dosen di sana.

Kolonel Frega Wenas juga termasuk lulusan sebagai 20% graduate ketika menempuh pendidikan Seskoad di U.S Army Command and General Staff College sehingga beliau pu dinominasikan sebagai salah seorang kandidat untuk Eisenhower Award, kategori penghargaan siswa internasional terbaik.

Kolonel Frega Wenas menjadi perwira TNI AD ke-2 yang lulus dari program Master of Military Art and Science (MMAS). Dia juga merupakan awardee beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) (PK83) salah satu program beasiswa bergengsi yang menjaring para kader terbaik di Indonesia.

Tahun 2013 Kolonel Frega Wenas tercatat sebagai Dosen tetap di Universitas Pertahanan Indonesia atau UNHAN yang beliau juga telah lulus sertifikasi Dosen Nasional di Bidang Ilmu Hubungan Internasional.



Selain profesinya sebagai seorang dosen, pria kelahiran Surabaya ini juga aktif dalam menulis di sejumlah media maupun jurnal internasional bereputasi seperti Australian Journal of International Affairs, Pacific Review, serta Journal Of Current Southeast Asian Affairs yang masuk dalam indeks Scopus (Q1).

Pria kelahiran 5 April 1977 ini juga sempat menulis beberapa buku. Sebelum menjabat sebagai Dandim 0502/JU, dia sempat ditugaskan sebagai Koorspri Kosad. Sebelum menjalankan tugas belajar di Inggris beliau pernah menjabat sebagai Wakapen Kostrad di mana sebelumnya beliau juga penah menjadi Kaspri Pangkostrad. Tidak hanya itu, Kolonel Frega juga pernah menjabat Komandan Yonif Linud 330/Tri Dharma sebelum bertugas di Makostrad.

Ia pertama kali menjalankan tugas sebagai Danton Taruna di Akademi Militer di mana kala itu para perwira lulusan terbaik ditugaskan oleh KSAD menjadi pengasuh taruna selama dua tahun. Lepas dari Akmil, Kolonel Frega Wenas menghabiskan waktunya berdinas di jajaran Brigade Brigif Linud 17 Kostrad yang merupakan satuan elite TNI AD. Dia sempat bertugas di Yonif Linud 305/Tengkorak, Yonif Linud 328/Dirgahayu hingga Denma Brigif Linud 17 Kostrad. Baca juga: Profil Ady Wibowo, Kapolres Jakarta Barat Berhasil Tangkap Artis Narkoba hingga Bongkar Pabrik Sabu

Selama masa dinas Kolonel Frega Wenas pun juga mendapatkan sejumlah penugasan operasi di Aceh, Poso, dan Papua. Kolonel Frega Wenas bahkan juga menerima penghargaan Ksad untuk prestasinya di daerah operasi Aceh. Dia juga menjadi anggota kontigen AASAM yang memenangkan Chief of Army Trophy, sehingga diberikan penghargaan Ksad tahun 2008 yang lalu.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1380 seconds (11.252#12.26)