Relawan Indonesia Bersatu Bagikan Bansos ke Warga Bantaran Ciliwung

Jum'at, 03 Juli 2020 - 15:58 WIB
loading...
Relawan Indonesia Bersatu Bagikan Bansos ke Warga Bantaran Ciliwung
Sandiaga Uno memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu di RT 1, RW 2 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (3/7/2020). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 bersama Rumah Sandiaga Uno Indonesia memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu di RT 1, RW 2 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Total sebanyak 350 paket sembako diberikan kepada warga.

Mereka ini sebagian besar berprofesi sebagai buruh harian lepas dan pedagang kaki lima yang bermukim di sekitar bantaran sungai Ciliwung. Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 Sandiaga Uno mengatakan, lesunya perekonomian warga dan rendahnya daya beli masyarakat membuat dirinya tergerak untuk membantu warga. (Baca juga:
Berdayakan UMKM, MNC Peduli Salurkan Bantuan untuk RS Budi Kemuliaan)

"Hari ini, Relawan Indonesia Bersatu dan Rumah Sandiaga Uno Indonesia memberikan bantuan 350 paket sembako. Kita harapkan bantuan ini bisa meringankan beban ekonomi masyarakat ,” kata Sandiaga Uno di lokasi, Jumat (3/7/2020).

Meringankan beban ekonomi warga di kawasan zona merah daerah penyebaran Covid 19, lanjut Sandiaga, merupakan tanggung jawab moral yang harus dilakukan. Menurutnya, pekerja informal merupakan kelompok warga yang rentan akibat hilangnya mata pencaharian mereka.

"Saya mendapat pesan dari warga di lokasi, masih banyak dari mereka yang hilang pendapatan akibat Covid 19. Ini perlu kita sentuh," lanjutnya. (Baca juga: 105 TKA China Gelombang ke-2 Jalani Rapid Test di Tempat Isolasi)

Lurah Kampung Melayu Setiawan mengucapkan terima kasih atas bantuan sosial yang diberikan Relawan Indonesia Bersatu. Warga sangat membutuhkan bantuan yang diberikan langsung oleh Sandiaga Uno tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih atas bantuannya kepada warga Kampung Melayu. Semoga bisa meringankan beban ekonomi warga," ujarnya. (Lihat grafis: AS Borong Hampir Seluruh Pasokan Global Obat Covid-19 Remdesivir)

Harapan yang sama juga dilontarkan warga. Mereka berharap pemerintah memberikan perhatian lebih kepada masyarakat sekitar.

"Jangan digusur lagi ya pak, bantuan tambah banyak, pengeluaran turun. Kalau bisa uangnya dong, jangan berasnya aja, " canda ibu-ibu kepada Sandi di lokasi.

Menanggapi hal tersebut, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu mengatakan dirinya terus berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19. Mereka bersinergi mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan dari virus Sars CoV2 tersebut.

"Kami siap kumpulkan bantuan sosial untuk masyarakat juga dengan berkonsolidasi dengan dunia usaha," tutur Sandi.

Sandiaga pun berpesan kepada masyarakat untuk terus disiplin menjaga kesehatan dan mematuhi aturan PSBB pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Sebab penyebaran Covid-19 tidak pandang bulu.

Covid-19 bisa menyerang siapa saja tidak peduli kaya atau miskin. Oleh karena itu, Sandi mendukung langkah inovatif dalam usaha ekonomi yang dilakukan oleh warga.
“Tetap produktif menemukan ide-ide baru dan segar agar bertahan dalam kesulitan,” tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)