Buka Festival Forsgi di Jaktim, Anies Kutip Pelatih Argentina Carlos Minotti

Minggu, 25 September 2022 - 13:53 WIB
loading...
Buka Festival Forsgi di Jaktim, Anies Kutip Pelatih Argentina Carlos Minotti
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka turnamen Sepak Bola U-10 dan U-12 Festival Forsgi DKI Jakarta di Lapangan Sepak Bola Ponpes Minhaajurrosyidin Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (24/9/2022). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka event Sepak Bola U-10 dan U-12 Festival Forsgi DKI Jakarta di Lapangan Sepak Bola Ponpes Minhaajurrosyidin Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (24/9/2022).

Event diselenggarakan oleh Forsgi DKI bertindak sebagai ketua panitia H Solikhin yang diikuti 26 Tim Sekolah Sepak Bola (SSB) binaan Forsgi se-DKI Jakarta, yang terdiri dari 13 Tim U-10 dan 13 Tim U-12 dengan jumlah pemain dan official 494 personel.

Anies mengatakan, pengalaman mengikuti kegiatan ini merupakan momen yang sangat luar biasa. Dia mengapresiasi Forsgi yang telah menyediakan wahana tumbuh kembang untuk generasi penerus.
Baca juga: Anies Bangga Jakarta Punya 5 Lapangan Bola Berstandar FIFA

“Ikuti festival ini dengan suka cita. Bermainlah dengan senang hati. Bermainlah untuk merasakan kebahagiaan. Jangan khawatir kalah menang yang penting ikut festival, punya pengalaman. Insyaallah jadi bekal di kemudian hari," ujar Anies.

Dalam pertandingan tanpa disadari ada proses pembelajaran. Ketika pemain yang merupakan anak-anak usia generous menyadari ini adalah sebuah kompetisi, di situlah terjadi proses pembelajaran.

"Karena ini proses yang berulang-ulang yang nantinya menumbuhkan sebuah karakter yang terbiasa menghadapi tantangan dan kompetisi. Dan inilah yang dibutuhkan bangsa kita ke depan. Proses penumbuhan ini bertahap dan kita menyadari betul pentingnya karakter akhlakul karimah," katanya.

Anies berpesan kepada semua pemain agar bertanding dengan sportif. Ketika pertandingan usai, semua pemain harusnya merasakan kebahagiaan dan menyadari jika ini semua hanya permainan.

Dia juga menyitir perkataan pelatih sepak bola dari Argentina Carlos Minotti, bagaimana menjadi mental seorang juara. "Saya pernah membaca biografi Carlos Minotti, pelatih sepak bola dari Argentina. Bagaimana perasaan anda ketika kalah bertanding sepak bola? Lalu dia bilang, saya sudah ribuan kali mengikuti pertandingan sepak bola. Setiap kali saya masuk ke lapangan, saya tahu pilihannya ada dua, menang atau kalah. Kalau kalah, masih ada pertandingan berikutnya. Kalau menang, siap siap berikutnya kita bisa kalah," ungkapnya.

"Sportivitas itu ditumbuhkan. Jadi adik-adik semua, lawan dalam sepak bola adalah teman dalam olahraga. Sama seperti lawan debat adalah teman berpikir, tidak ada musuh dalam olahraga, dan inilah suasana yang dibangun," tambahnya.

Ketua Umum Forsgi Indonesia Agus Riyanto menjelaskan, Forsgi dalam enam bulan sejak berdirinya bisa menampilkan festival yang dihadiri ribuan simpatisan. Contohnya Festival Forsgi Gubernur Jawa Tengah pada 27 Maret, lalu Festival Forsgi Jawa Barat yang memperebutkan Piala Umum PSSI di Stadion Arcamanik, Jawa Barat. Dalam festival itu, Forsgi turut menuai pujian dari PSSI.
Baca juga: Intip Gaya Anies Jajal Lapangan Bola Berkualitas Internasional di Perkampungan Jakarta
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1791 seconds (11.97#12.26)