7 Juli Ojek Oline di Depok Boleh Angkut Penumpang

Jum'at, 03 Juli 2020 - 15:56 WIB
loading...
7 Juli Ojek Oline di Depok Boleh Angkut Penumpang
Pada masa PSBB proporsional tahap 2 itu, driver ojek online (Ojol) di Kota Depok sudah diperbolehkan mengangkut penumpang. Foto/SINDOnews
A A A
DEPOK - Pemerintah Kota Depok memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional ke tahap 2 hingga 16 Juli 2020. Pada masa PSBB proporsional tahap 2 itu, driver ojek online (Ojol) di Kota Depok sudah diperbolehkan mengangkut penumpang.

Mereka mulai diizinkan menarik penumpang per tanggal 7 Juli 2020 dengan ditandai deklarasi komitmen dan penandatanganan fakta integritas, baik aplikator maupun mitra ojol. “Ojol di Depok sesuai rencana bahwa pada PSBB Proporsional tahap 2 diperbolehkan mengangkut penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana, Jumat (3/7/2020).

Dia mengatakan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi berdasarkan protokol kesehatan yang berlaku. Di antaranya wajib menyediakan pembatas antara driver dan penumpang, wajib menggunakan masker, bagi penumpang diutamakan membawa helm sendiri.

Jika penumpang ojol menggunakan helm mitra ojol diwajibkan untuk disempor disinfektan dan menggunakan pelindung kepala. "Satu hal perlu dicatat, ojol boleh melayani kelurahan di luar zona merah," tambahnya. (Baca juga; Penyedia Layanan Taksi-Ojek Online Wajib Test Swab Mitra di Kota Bandung )

Terpisah, Pengurus Grab Depok Bersatu (GDB) Wawan Cawek menyambut baik kebijakan driver ojol boleh mengangkut penumpang kembali. “Kami berharap agar PSBB di pada 2 Juli ada perubahan ternyata diperpanjang,” katanya. (Baca juga; Pemkab Bekasi Masih Larang Ojol Tarik Penumpang )

Saat ini, lanjut Wawan, banyak ojol Depok yang migrasi ke Jakarta untuk mencari layanan penumpang. Sebab jika ditinjau dari segi penghasilan, selama grab express atau grab food, penghasilan ojol turun drastis hingga 80%. “Sebagian temen-temen ini pada lari ke Jakarta karena sudah boleh membawa penumpang," tukasnya.

Aji Bogel salah satu driver mengatakan, warga Depok yang bekerja di Jakarta banyak yang sudah mengharapkan ojol dapat kembali bawa penumpang di Depok. Khususnya bagi mereka yang membutuhkan layanan transportasi dari rumah ke stasiun. “Kalau misalnya kita tetap ngga bisa bawa penumpang di Depok,” katanya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)