Polda Metro Jaya Siagakan 3.800 Personel Amankan Aksi GNPR-PA 212

Jum'at, 23 September 2022 - 10:41 WIB
loading...
Polda Metro Jaya Siagakan 3.800 Personel Amankan Aksi GNPR-PA 212
Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 3.800 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan aksi menolak kenaikan harga BBM.Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 3.800 personel gabungan TNI-Polri untuk mengamankan aksi menolak kenaikan harga BBM. Rencananya hari ini ribuan massa dari Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan menggelar unjuk rasa.

"Hari ini ada beberapa unjuk rasa di wilayah Jakarta Pusat. Terkait BBM hanya ada di Patung Kuda dari GNPR," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dikonfirmasi, Jumat (23/9/2022).

Komarudin menuturkan, seluruh personel akan dipusatkan menjaga keamanan di kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat."Sebanyak 3.8000 personel gabungan TNI/Polri disiapkan untuk melakukan pengamanan," tuturnya. Baca: Hari Ini, PA 212 Akan Gelar Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut belum mendapatkan pemberitahuan dari pihak GNPR yang akan melakukan aksi unjuk rasa pada hari ini. Pihaknya hanya mengetahui adanya sejumlah flyer seruan aksi unjuk rasa tersebut.

"Itu kita imbau kesadaran masyarakat. Kalau polisi tetap jaga dan lindungi dengan baik tapi secara hukum itu tidak dibenarkan. Apalagi jika terjadi hal tidak diinginkan dari aksi itu dan itu sangat disayangkan. Siapa pimpinan korlapnya pun kita tidak tahu," kata Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (21/9/2022).

Meski begitu Zulpan mengatakan pihak kepolisian tetap mengantisipasi adanya aksi demo dari GNPR. Personel kepolisian pun bakal turut berjaga di lokasi.

Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) akan kembali menggelar aksi bela rakyat (AKBAR) jilid dua di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Demo tersebut berkaitan dengan penolakan kenaikan harga BBM.

"Kami mewakili GNPR mengumumkan sebagai komitmen kami untuk terus mendedikasikan, untuk senantiasa membela rakyat dalam AKBAR yang kemarin sudah berlangsung AKBAR 1. Insya Allah hari Jumat 23 September akan diadakan AKBAR 2 dengan tuntutan yang sama," kata Ketua GNPR sekaligus Menantu Habib Rizieq Shihab (HRS), Habib Muhammad bin Husein Alatas.

Dalam aksi tersebut, mereka membawa tiga tuntutan. Yakni, turunkan harga bahan bakar minyak, turunkan harga-harga, dan tegakkan superemasi hukum.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)