Anies Rencanakan JIS, Ancol, hingga Cikini Jadi Kawasan Strategi Sosial dan Budaya

Jum'at, 23 September 2022 - 03:00 WIB
loading...
Anies Rencanakan JIS, Ancol, hingga Cikini Jadi Kawasan Strategi Sosial dan Budaya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok/MPI
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merencanakan Jakarta International Stadium ( JIS ) hingga Cikini menjadi kawasan strategis untuk tahun 2040. Dalam hal ini JIS, Cikini, Bandar Kemayoran, dan Ancol akan menjadi kawasan Strategis Sosial dan Budaya .

Hal tersebut dapat dilihat dari Peraturan Gubernur (Pergub) RPD DKI Jakarta tahun 2023-2026, dikutip target dalam rancangan rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) DKI Jakarta pada tahun 2040. RTRW tersebut akan menjadi pertimbangan dalam penentuan isu strategis serta penyusunan rencana selama 2023-2026. Baca juga: Anies Tegaskan Pembangunan dan Pertumbuhan Tak Boleh Abaikan Aspek Lingkungan, Sosial, dan Budaya

"Rancangan RTRW 2040 direncanakan pula kawasan- kawasan strategis untuk kepentingan Ekonomi, Sosial dan Budaya, serta Lingkungan," tulis Pergub RPD dikutip MPI, Jumat (23/9/2022).

Tidak hanya itu, Anies juga merencanakan Menteng, Kebayoran Baru, menjadi pengembangan budaya urban dan caga budaya.

"Kawasan Strategis Sosial dan Budaya yang direncanakan antara lain Kawasan Cikini, JIS, Bandar Kemayoran dan Ancol, serta Kawasan Wisata Budaya Pesisir, Setu Babakan, Menteng dan Kebayoran Baru untuk pengembangan budaya urban dan cagar budaya," paparnya.



Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menitip pesan kepada penerusnya untuk menyambungkan Jakarta International Stadium (JIS) dengan moda transportasi umum LRT Jakarta dan KRL Commuter Line. Hal itu dituangkan Anies dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2023-2026 yang ditandatangani pada 10 Juni 2022.

Anies pun meminta penerusnya untuk melanjutkan pembangunan LRT Fase 2A sepanjang delapan kilometer yang akan tersambung dari Kelapa Gading ke JIS di Jakarta Utara. Baca juga: Ajang Gowes Pendidikan, Anies: Jadikan Budaya Bersepeda ke Sekolah
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1254 seconds (11.210#12.26)