Jelang Hari Tani Nasional, Ribuan Buruh dan Petani Bakal Aksi di Depan Istana

Kamis, 22 September 2022 - 16:41 WIB
loading...
Jelang Hari Tani Nasional, Ribuan Buruh dan Petani Bakal Aksi di Depan Istana
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Massa Serikat Petani Indonesia dan Partai Buruh akan menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta Pusat pada Sabtu, 24 September 2022. Sejumlah tuntutan salah satunya terkait reforma agraria akan disampaikan.

"Sebagai Hari Tani Nasional ribuan massa petani dan buruh yang diorganisir oleh Serikat Petani Indonesia, Partai Buruh dan Organisasi Buruh aksi di depan istana dimulai pukul 10 hingga selesai," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Hari Tani Nasional, Momentum Kebangkitan Petani Gambut

Said Iqbal menerangkan, ada sejumlah tuntutan yang bakal diangkat, yakni terkait reforma agraria. Di mana ada 9 juta hektare tanah yang diharapkan oleh Serikat Petani Indonesia dan Partai buruh untuk didistribusi kepada petani.

Artinya kata Iqbal, para petani bukan hanya menjadi buruh tani, reforma agraria yang dimaksud oleh Serikat Petani Indonesia dan partai buruh adalah memastikan setiap petani memiliki tanah.

Baca juga: Hari Tani Nasional, Pupuk Indonesia Dukung Regenerasi Petani

Untuk itu, buruh mendukung perjuangan kaum tani untuk meminta pemerintah Indonesia mengembalikan tanah-tanah petani yang dirampas korporasi dan juga meminta tidak terjadi kriminalisasi petani pada saat para petani berjuang mengambil kembali tanahnya yang dirampas korporasi.

"Buruh bersama Organisasi Serikat Petani Indonesia dan organisasi buruh meminta tidak ada kriminalisasi terhadap petani dan tidak ada pengusiran atau konflik," pungkasnya.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2076 seconds (11.97#12.26)