Profil Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso, Wadankorbrimob yang Berangkatkan Satgas Operasi Damai Cartenz

Kamis, 22 September 2022 - 15:44 WIB
loading...
Profil Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso, Wadankorbrimob yang Berangkatkan Satgas Operasi Damai Cartenz
Wadankorbrimob Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso. Sebelum perubahan struktural di Korps Brimob dia masih berpangkat Brigjen Pol. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Wadankorbrimob Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso memimpin pemberangkatan Satgas Operasi Damai Cartenz 2022. Setyo Boedi menjadi wakil Komjen Pol Anang Revandoko sejak Agustus 2020.

Setyo, lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang Brimob . Dia juga yang memimpin langsung upacara penutupan latihan kontijensi Aman Nusa 1 dan Pemberangkatan Satgas Operasi Damai Cartenz 2022 di Bogor, beberapa waktu lalu.
Baca juga: Profil Komjen Pol Anang Revandoko, Jenderal Bintang 3 Pertama Komandan Brimob yang Jago Tembak

Dalam kegiatan itu melalui amanat Dankorbrimob Komjen Pol Anang Revandoko, dia menuturkan Operasi Damai Cartenz berbeda dengan Operasi Nemangkawi yang kini lebih banyak dilibatkan pada satgas preventif bukan satgas tindak.

Personel yang diberangkatkan dalam Operasi Damai Cartenz 2022 terdiri dari 521 Pasukan Pelopor dan 530 Satbrimob Polda dengan total 1.051 personel di bawah pimpinan Kombes Pol Joni Afrizal. Selain itu, sebanyak 575 personel telah melaksanakan Lat Pra Ops Kontijensi Aman Nusa 1.

Kembali ke sosok Irjen Setyo Boedi. Jenderal bintang dua itu memiliki karier cukup moncer di Korps Brimob, mulai dari Brimob daerah hingga pusat.

Setyo Boedi pernah menjadi Dansat Brimob Polda Bali, Dansat Brimob Polda Sumsel, Dansat Brimob Polda Maluku, dan Dansat Brimob Polda Sumut. Kemudian, Danmen 3 Pelopor Korbrimob Polri, Kabag SDM Korbrimob Polri, Wadanpasgegana Korbrimob Polri (2017), hingga Wadankorbrimob Polri (2020).

Dia juga pernah menjabat Kapolres Pacitan, Kapolres Pasuruan, dan Wakapolda Sulawesi Tengah (2018). Berbagai brevet pun diraihnya yakni Brevet Jungle Warfare, Wanteror, Pelopor Brimob, Penerjun Polri, SAR Brimob, serta Selam Brimob.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani surat keputusan peningkatan struktur Korps Brimob Polri. Presiden juga menyetujui penambahan sejumlah jabatan struktural lain di Brimob.

Jabatan Komandan Korps Brimob menjadi bintang tiga (Komjen Pol) dari sebelumnya Irjen Pol. Kemudian, Wadankorbrimob menjadi bintang dua (Irjen Pol) dari sebelumnya Brigjen Pol.

“Juga ada penambahan-penambahan jabatan struktrural di Korbrimob kemudian danpas-danpas dan juga jabatan-jabatan pati lainnya untuk memperkuat organisasi Brimob,” ujar Dedi dikutip Antara.
Baca juga: Kisah Jenderal TNI yang Peduli Kesejahteraan Anggota Brimob
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1445 seconds (10.101#12.26)