Pantau Lalin 24 Jam, Polda Metro Tambah 70 Titik Kamera ETLE di Jakarta

Kamis, 22 September 2022 - 14:13 WIB
loading...
Pantau Lalin 24 Jam, Polda Metro Tambah 70 Titik Kamera ETLE di Jakarta
Polda Metro Jaya akan menambah 70 titik kamera ETLE di Jakarta hingga tahun 2023. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal memasang Kamera Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE ) secara menyeluruh di Jakarta. Sebanyak 70 titik akan dipasang hingga tahun 2023.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, penempatan kamera pengawas bakal mengawasi aktivitas lalu lintas masyarakat. ”Wilayah Jakarta Raya ini kan 1x24 jam ada aktivitas masyarakat. Jadi, ETLE ini akan dipasang menyeluruh,” kata Latif, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, penggunaan ETLE ini sudah dilakukan di sejumlah titik dan akan terus dikembangkan.

”Secara keseluruhan ketika ruas jalan telah terawasi tidak boleh ada lagi tilang manual, tetapi karena ada beberapa ruas jalan belum terpasang ETLE, itu harus pengawasan manual,” ujarnya.

Selain itu, perwira menengah Polri itu menyampaikan pihaknya juga akan menggunakan ETLE mobile dalam menindak pelanggaran lalu lintas di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Adapun ETLE mobile merupakan ETLE yang bisa digunakan Polisi lalu lintas (Polantas) yang sudah terlatih sehingga bisa melakukan tilang lewat handphone.



”Nanti kalau ETLE mobile sudah ada, ETLE statis sudah terpasang di mana-mana seluruh lokasi ter-cover, tidak ada lagi tilang manual,” tuturnya.

Peniadaan tilang manual belum bisa direalisasikan pada tahun ini. ”Targetnya secepatnya. Kalau terdukung semuanya sudah segera. Kalau tahun ini belum bisa, pasti butuh anggaran, butuh perencanaan,” ujarnya.

Dia berharap penggunaan teknologi menindak pelanggaran lalu lintas itu dapat mencegah penyalahgunaan wewenang oleh anggota polisi di jalan raya. ”Jadi, tidak terjadi penyalahgunaan wewenang dan transparansi penegakan hukum bisa terwujud,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)