Pamer Sumur Resepan di Pasar Induk Beras Cipinang, Anies: Air Hujan Tidak Dialirkan ke Gorong-gorong

Kamis, 22 September 2022 - 13:43 WIB
loading...
Pamer Sumur Resepan di Pasar Induk Beras Cipinang, Anies: Air Hujan Tidak Dialirkan ke Gorong-gorong
Sumur resapan di Kompleks Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.Foto/MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Kompleks Pasar Induk Beras Cipinang telah menerapkan 'zero run off' atau air hujan ditampung dimasukkan ke dalam tanah melalui sumur resapan . Air hujan tidak lagi jatuh dan dialirkan ke gorong-gorong melainkan ke sumur resapan.

"Kompleks Pasar Induk Cipinang ini, itu dilakukan revitalisasi dan salah satu unsur revitalisasinya adalah membuat kawasan ini jalannya lebih baik, lebih rapi. Kemudian bisa buatkan juga prinsip zero run off," kata Anies usai meresmikan 4 pasar di Pasar Cipinang Kebembem, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (22/9/2022).

"Artinya air hujan yang jatuh di dalam kompleks ini tidak dialirkan ke gorong-gorong di luar. Tapi disiapkan sumur resapan," sambungnya.

Anies menuturkan, terdapat ratusan sumur resapan yang dibangun di Kompleks Pasar Induk Beras Cipinang. Ia menilai konsep zero run off dapat dipastikan mencegah banjir di sekitar pasar.

"Sebanyak 583 sumur resepan. Jadi prinsip zero run off artinya kalau ada air di luar sini maka Pasar Induk bisa dibilang tidak menyumbang air keluar, karena seluruh airnya dipertahankan di dalam pagar, tapi diturunkan ke dalam tanah," ucap Anies.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)