Tips dari Polisi Agar Pesepeda Tak Menjadi Korban Kejahatan

Jum'at, 03 Juli 2020 - 09:39 WIB
loading...
Tips dari Polisi Agar Pesepeda Tak Menjadi Korban Kejahatan
Masyarakat tengah berolaraga sepeda di kawasan CFD Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Pengguna sepeda melonjak dratis selama pandemi virus Corona atau Covid-19 . Bahkan,setiap akhir pekan di sejumlah penjuru Kota Jakarta, jalanan ramai dengan masyarakat yang menggunakan sepeda.

Hal ini berpotensi membuat mereka menjadi korban kejahatan jalanan seperti penjambretan, perampasan sepeda. Bahkan hingga jadi korban kecelakaan.

Kapolsek Metro Menteng AKBP Guntur Muhammad Thariq mengatakan, menjamurnya para pesepeda ini membuat adanya pergeseran pola kejahatan terhadap pengendara transportasi.

Tips dari Polisi Agar Pesepeda Tak Menjadi Korban Kejahatan


"Bisa saja jika sebelumnya pelaku kejahatan menyasar pengendara motor dan mobil, kini beralih ke sepeda," kata Guntur di Jakarta, Jumat (3/7/2020). ( )

Tips dari Polisi Agar Pesepeda Tak Menjadi Korban Kejahatan


Tak hanya itu, Guntur melihat, pesepeda juga rawan jadi korban kecelakaan. Mengingat pola pesepeda di Jakarta yang belum teratur dan kerap berkendara ke tengah jalan.

"Apalagi ada juga pengendara sepeda yang membonceng anaknya yang masih kecil di belakang. Ini berbahaya jika ada pengendara mobil tak tertib," tutur Guntur. (Baca Juga: Kota Ramah Sepeda)

Belum lagi, kata dia, saat pesepeda beristirahat penjahat akan terus mengincar barang berharganya. Maka itu, dia memberikan tips kepada para pesepeda agar tak menjadi korban kejahatan. Salah satunya adalah kemampuan bela diri. "Pesepeda mesti ada self defence sehingga bisa melawan jika ada pelaku kejahatan," ujar Guntur.

Tips dari Polisi Agar Pesepeda Tak Menjadi Korban Kejahatan


Tak hanya itu, ayah tiga orang anak ini menyarankan pesepeda agar bersepeda bersama komunitas. "Kalau bisa jangan sendiri. Kalau sepeda bersama-sama tentu bisa menghindar dari pelaku kejahatan. Lalu, sebaiknya bersepeda saat jam ramai dan tak terlalu sepi," sarannya.

Polisi pun kedepannya akan memperkuat patroli dan memberikan imbauan pesepeda agar lebih berhati-hati. "Mobil patroli kami perbanyak. Namun, kami tak bisa mengawasi pesepeda terus-menerus," kata Guntur.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)