Cegah Polusi di Jakarta Kian Tinggi, Pemprov DKI Susun Strategi Atasi Pencemaran Udara

Selasa, 20 September 2022 - 07:29 WIB
loading...
Cegah Polusi di Jakarta Kian Tinggi, Pemprov DKI Susun Strategi Atasi Pencemaran Udara
Sejumlah masyarakat melintas di tengah polusi udara yang dikeluarkan oleh kendaraan. Foto: Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah memutar otak guna melakukan pencegahan pencemaran udara di Ibu Kota Jakarta. Salah satunya yakni dengan meningkatkan tata kelola pengendalian terhadap pencemaran udara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, pihaknya tengah menyusun strategi dalam penanggulangan pencemaran udara di wilayah Ibu Kota Jakarta. Baca juga: Cegah Pencemaran Udara, DKI Bakal Gandeng Tangsel dan Bekasi Soal Uji Emisi

"Ada tiga strategi, pertama tata kelola, kemudian strategi pengendalian pencemaran udara dari sumber bergerak dan tidak bergerak," ujar Asep di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Lebih lanjut, Asep menuturkan, setidaknya terdapat 75 rencana aksi pengendalian pencemaran udara pada 2030, untuk pengurangan polutan yang tersebar di beberapa wilayah di Jakarta.

"Totalnya ada 75 rencana aksi, dari 75 itu ada detailnya lagi tapi nanti bisa dilihat di website yang sudah disampaikan," jelasnya.



Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menyusun kerja sama terkait pencegahan terhadap pencemaran udara. Salah satunya, dengan menekan kerja sama uji emisi antara Jakarta dengan Tangerang hingga Bekasi.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Asep Kuswanto. Menurut Asep, nantinya pencegahan pencemaran udara tersebut tidak hanya bersama Tangerang dan Bekasi, namun akan ada daerah lain yang ikut dilibatkan.

"Jadi saat ini Pemprov DKI sedang menyusun perjanjian kerja sama dengan kota Tangsel dan Kota Bekasi. ke depannya kita harapkan tidak dua kota itu, tapi juga bisa ditindaklanjuti di kota-kota lainnya," ujar Asep di Balai Kota DKI, Senin 19 September 2022. Baca juga: Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan Jakarta Utara, Ini Hasilnya
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1498 seconds (10.55#12.26)