229 Bayi Usia 2 Bulan di Jakbar Sudah Divaksin PCV

Jum'at, 16 September 2022 - 21:49 WIB
loading...
229 Bayi Usia 2 Bulan di Jakbar Sudah Divaksin PCV
Pemkot Jakarta Barat memastikan 229 bayi dua bulan menerima vaksi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV). Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat memastikan 229 bayi dua bulan menerima vaksi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV). Mereka mendapatkan vaksin dalam program pemberian vaksin PCV gratis yang digulirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Target yang harus menerima vaksin 14.390, yang sudah tervaksin PVC baru 229 yang tervaksin atau 1,6 persen," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Erizon Safari saat dihubungi di Jakarta, Jumat (12/9/2022).

Erizon mengatakan, vaksin tersebut diberikan untuk memperkuat imun bayi sehingga tidak terkena penyakit pneumonia. Untuk itu, ia dan jajaran pun mengimbau masyarakat untuk membawa anaknya yang masih berusia dua bulan untuk menerima vaksin.

"Harus saat usia dua bulan, nanti akan diberikan lagi saat pada usia tiga dan 12 bulan," jelas dia.

Sebagai informasi, warga bisa mendapatkan vaksin tersebut di seluruh rumah sakit ataupun puskemas yang ada di seluruh kecamatan Jakarta Barat.

Tidak hanya di fasilitas kesehatan milik pemerintah, warga juga bisa mendapatkan vaksin tersebut di bidan ataupun dokter umum. Erizon memastikan, vaksin tersebut gratis untuk semua warga.



"Dokter praktek dan bidan praktek boleh bergabung dengan pemberian vaksin ini asal punya tempat penyimpanan vaksin yang memenuhi standar, kedua setiap yang divaksin harus dilaporkan ke kita," jelas dia.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan 56.417 bayi menerima vaksinPneumococcal Conjugate Vaccine(PCV) dalam program pemberian vaksin Pneumonia gratis tahun ini. Target itu diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi akibat Pneumonia.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, program pemberian vaksin PCV tersebut diperuntukkan untuk bayi berusia dua, tiga dan 12 bulan.

"Sasaran kita ini ada 56.417 bayi yang ada diberikan vaksinasi. Tentu kita berbicara target bukan bicara masalah angka atau persen tapi dipastikan bayi seluruh balita mendapatkan vaksin," katanya saat ditemui di pembukaaa kegiatan vaksin gratis di Kembangan, Jakarta Barat, Senin 12 September 2022.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0928 seconds (0.1#10.140)