Sambut Hari Perhubungan, KCN Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Marunda

Kamis, 15 September 2022 - 18:58 WIB
loading...
Sambut Hari Perhubungan, KCN Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Marunda
PT KCN menanam 1.000 bibit mangrove di pesisir pantai Pelabuhan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Kegiatan ini untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional 2022 (Harbubnas), Rabu (14/9/2022). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Karya Citra Nusantara (KCN) menanam 1.000 bibit mangrove di pesisir pantai Pelabuhan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2022 (Harbubnas) , Rabu (14/9/2022).

Dalam sambutannya pada peringatan Harhubnas 2022 di KBN Cilincing, Jakarta Utara, Direktur PT KCN Amir Prasetyo mengatakan, penanaman 1.000 bibit mangrove merupakan tahap ketiga bagian dari gerakan mewujudkan terminal pelabuhan yang ramah lingkungan (green port) di Marunda.

Tahap pertama sudah dimulai PT KCN sejak 2017 bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan menanam 10.000 bibit mangrove di sepanjang 600 meter lahan perimeter selatan terminal umum PT KCN. Saat ini tinggi pohonnya sudah mencapai 6-7 meter.
Baca juga: Cegah Kerusakan Lingkungan, KCN Wujudkan Green Port dengan Tanami Bibit Mangrove

Berlanjut tahap kedua, PT KCN menanam 3.750 bibit mangrove lagi di sepanjang lahan 1.100 meter kawasan terminal umum PT KCN Marunda, Juni 2022.

Kemudian, Rabu (14/9/2022) PT KCN bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, instansi pemerintah, insan maritim, perusahaan swasta, BUMN, dan para pemangku kepentingan lainnya menanami area konservasi pelabuhan KCN dengan 1.000 bibit mangrove.

"Kami sepakat kegiatan penanaman mangrove ini selain karena fungsi dan manfaatnya luar biasa banyak, juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan serta inisiatif berpartisipasi guna mencapai target rehabilitasi mangrove yang dicanangkan Presiden Joko Widodo secara nasional mencapai 6.000 hektare pada tahun 2024," ujar Amir.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara Achmad Hariadi turut berpartisipasi dalam gerakan green port di Marunda menggunakan baju Saka Kalpataru untuk memeriahkan peringatan Harhubnas 2022.

Dia menyampaikan kepada PT KCN agar bisa pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. "Jangan melihat kondisi hari ini. Ibaratnya KCN lagi mundur dulu sebentar untuk melangkah lebih baik lagi," katanya.

Kepala Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda Patrick Pardede menambahkan tujuan utama kegiatan ini yakni meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa warga Perhubungan dengan mitra kerja Perhubungan pada umumnya untuk mengembalikan ekosistem wilayah pesisir dan melindungi pantai dari abrasi air laut.

"Kami berharap rehabilitasi mangrove terus dapat kita lakukan ke depannya untuk memulihkan dan melestarikan ekosistem mangrove di pesisir Jakarta Utara," ujar Patrick.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Raymond Sianturi, Kepala Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Widi Supriyanto, Kepala Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran (BTKP) Gigih Retnowati, KSOP Sunda Kelapa, KSOP Muara Angke, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjung Priok, serta KSOP Kepulauan Seribu.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)