Kenaikan Harga BBM, Ongkos Penyeberangan Kapal Cilincing-Muara Gembong Bekasi Naik

Rabu, 14 September 2022 - 12:21 WIB
loading...
Kenaikan Harga BBM, Ongkos Penyeberangan Kapal Cilincing-Muara Gembong Bekasi Naik
Ongkos penyeberangan dari dermaga kapal Cilincing ke Muara Gembong Bekasi naik imbas kenaikan harga BBM.Foto/MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Kenaikan harga BBM membuat sejumlah tarif angkutan darat maupun transportasi laut mengalami kenaikan. Ongkos penyeberangan dari dermaga kapal Cilincing ke Muara Gembong Bekasi pun ikut naik.

Seorang anak buah kapal (ABK) Rohimudin (27) menjelaskan, sebelum kenaikan harga BBM tarif yang dipatok untuk penumpang Rp15.000 untuk nelayan dan Rp20.000 untuk masyarakat umum.

Namun pascakenaikan harga BBM, tarif transportasi yang menggunakan perahu tradisional dari Cilincing, Jakarta Utara menuju Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat ini naik Rp5.000.

"Ada kenaikan tarif, biasanya Rp 15 ribu, sekarang sudah Rp20.000, naiknya Rp 5 ribu," kata Rohin di Pelabuhan Cilincing, Selasa (13/9/2022).

Menurut Rohim, dalam sehari kapalnya membutuhkan BBM sekitar 40 liter untuk perjalanan pulang-pergi dengan kisaran harga Rp400.000. Baca: Puluhan Pelajar SMK dan SMA Ikut Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Patung Kuda

Belum lagi, perahu yang Rohim kemudikan membutuhkan pelumas dengan kisaran harga Rp100.000. "Gara-gara BBM naik, kita kena imbasnya," ujarnya.

Perahu yang Rohim kemudikan biasanya digunakan oleh para nelayan untuk mengangkut hasil tangkapan ikan dari Muara Gembong Bekasi untuk dijual ke pelelangan ikan di Cilincing.

Meskipun, transportasi laut tersebut itu juga melayani perjalanan untuk masyarakat umum yang ingin bepergian melalui jalur laut.

Salah satu penumpang Muksin Taryudin (44) mengatakan, kenaikan transportasi ini merupakan hal yang wajar. "Kenaikan tarif ini biasa saja bagi saya, soalnya BBM juga naik," pungkasnya.
(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1790 seconds (10.101#12.26)