4 Mantan Kapolda Metro Jaya Jadi Kapolri, Nomor 2 Ajudan Presiden Gus Dur

Rabu, 14 September 2022 - 10:00 WIB
loading...
4 Mantan Kapolda Metro Jaya Jadi Kapolri, Nomor 2 Ajudan Presiden Gus Dur
Jenderal Polisi (Purn) Sutarman. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menjadi Jenderal Polisi tidaklah mudah dan tidak bisa dijabat oleh sembarang orang, sebab perlu menempuh berbagai pendidikan dan pelatihan di bidang kepolisian dengan segudang prestasi.

Tak hanya itu, perlu menempuh posisi jabatan dari bawah serta didukung oleh kinerja yang baik, hingga akhirnya resmi diangkat dan dilantik menjadi Jenderal. Inilah 4 sosok yang berhasil menjadi Jenderal Polisi dan pernah menjadi Kapolda Metro Jaya:

1. Jenderal (Purn) Timur Pradopo

Jenderal Pol (Purn) Timur Pradopo merupakan mantan Kapolda Metro Jaya yang memiliki karier mentereng. Timur Pradopo hanya empat bulan jadi Kapolda Metro Jaya, lalu mendapatkan promosi jenderal bintang 4 hingga akhirnya jabat Kapolri.

Timur Pradopo tergolong memiliki rekam jejak karier yang cukup unik. Ia menerima kenaikan pangkat yang cukup kilat. Lulusan Akpol 1978 ini mampu menempati tiga jabatan dengan waktu berdekatan, yaitu sebagai Kapolda Metro Jaya, Kabaharkam Polri, dan Kapolri.

Dalam waktu 18 hari Timur Pradopo berhasil naik dua tingkat dan dua bintang. Timur Pradopo naik pangkat dari Irjen menjadi Komjen pada 4 Oktober 2010. Lalu jenderal bintang empat pada 22 Oktober 2010. Baca juga: Profil Iptu Novita Rindi, Polwan Cantik Pendamping Kapolri Listyo Sigit Fit and Proper Test di DPR

Timur Pradopo menjabat Kapolda Metro Jaya pada tangga 22 Juni - 7 Oktober 2010. Timur Pradopo dilantik menjadi Kapolri pada 22 Oktober 2010 oleh Presiden SBY di Istana Negara. Timur Pradopo menjabat Kapolri hingga 25 Oktober 2013. Ia lalu pensiun pada 1 Februari 2014.

4 Mantan Kapolda Metro Jaya Jadi Kapolri, Nomor 2 Ajudan Presiden Gus Dur


2. Jenderal Polisi (Purn) Sutarman

Jenderal Pol (Purn) Sutarman dilantik sebagai Kapolri di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 25 Oktober 2013. Tentunya perjuangan yang harus ia lalui untuk akhirnya menjadi Kapolri tidaklah mudah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1483 seconds (11.210#12.26)