Data Pribadi Diretas Hacker Bjorka, Anies: Sayang NIK dan Nomor HP Salah

Selasa, 13 September 2022 - 18:04 WIB
loading...
Data Pribadi Diretas Hacker Bjorka, Anies: Sayang NIK dan Nomor HP Salah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara mengenai peretasan data pribadinya oleh hacker Bjorka . Menurut dia, data yang tersebar tidak sepenuhnya benar.

"Iya, sayang. NIK-nya salah. Nomor HP-nya juga salah," ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).
Baca juga: Mahfud MD Tak Pusing Ulah Bjorka, Sebut Data Pribadinya Terbuka

Dia mengaku heran dengan sumber data yang Bjorka ambil. Bahkan, dia meragukan kebenaran data yang diunggah ke publik itu. "Nggak tahu ngambil datanya dari mana. Kebanyakan salah itu data-datanya," kata Anies.

Sebelumnya, sejumlah pejabat dikabarkan juga ikut diretas Bjorka mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPR Puan Maharani, Mendagri Tito Karnavian, dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Sebelumnya, Dittipidsiber Bareskrim Polri masih menunggu laporan kebocoran data pejabat negara yang diduga dilakukan hacker Bjorka. "Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) masih menunggu laporan dan monitor," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, Senin (12/9/2022).
Baca juga: Kepala BSSN Minta Masyarakat Tenang Sikapi Klaim Bjorka

Diketahui, hacker Bjorka mengklaim telah membocorkan lebih dari 679.180.000 dokumen. Data yang berukuran 40 megabyte itu diretas per September 2022. Dalam situsbreached.to, Bjorka mengunggah sejumlah dokumen yang diklaim milik Presiden Jokowi pada periode 2019-2021.

Setelah meretas data sejumlah lembaga negara, menteri, kepala institusi hingga Presiden Jokowi, akun Twitter hacker Bjorka @bjorkanism terkena suspend atau ditangguhkan oleh pihak Twitter.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)