Profil 3 Calon Pj Gubernur DKI Jakarta; Heru Budi, Marullah Matali, dan Bahtiar

Selasa, 13 September 2022 - 16:45 WIB
loading...
Profil 3 Calon Pj Gubernur DKI Jakarta; Heru Budi, Marullah Matali, dan Bahtiar
3 Nama yang diusulkan menjadi Pj Gubernur, yakni Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono (kiri), Sekda DKI Jakarta Marullah Matali (Tengah), dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Tiga nama telah dipilih DPRD menjadi calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan . DPRD pun resmi mengumumkan pemberhentian Anies Baswedan dan Wakilnya Ahmad Riza Patria (Ariza) melalui Rapat Paripurna, Selasa (13/9/2022).

Masa jabatan Anies bersama Ariza sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 akan berakhir pada 16 Oktober mendatang.

Baca juga: DPRD DKI Resmi Umumkan Pemberhentian Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria

Calon pengganti Anies pun mengerucut ke tiga nama. Dua nama selama ini sudah santer dijagokan menggantikan Anies, yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Sekda DKI Marullah Matali. Sedangkan Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro, harus kalah bersaing dengan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.



Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) yang digelar di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD DKI, memutuskan ketiga nama untuk diusulkan. Sebelumnya, kesembilan fraksi di DPRD DKI mengusulkan masing-masing 3 nama.

"Jadi nama tersaring untuk diserahkan ke Kemendagri. Pertama Heru Budi, kedua Marullah, ketiga Bahtiar," kata Ketua DPRD DKI Prasetio Edi, saat memimpin Rapimgab.



Lantas bagaimana track record ketiga calon, berikut profilnya:

1. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono
Heru Budi Hartono memiliki track record pengalaman yang cukup panjang di DKI Jakarta. Heru merupakan bekas anak buah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)