Digitalisasi UMKM Bangkit dan Tumbuhkan Ekonomi Indonesia

Minggu, 11 September 2022 - 19:28 WIB
loading...
A A A
CEO dan Co-Founder Blibli Kusumo Martanto menambahkan ditemukan fakta bahwa UMKM menghadapi banyak tantangan meskipun peran utama mereka dalam perekonomian adalah “membingungkan”.

“Kami berpikir sebagai perusahaan Indonesia yang lahir di Indonesia oleh anak-anak Indonesia, ada sesuatu yang dapat kami lakukan. Kami melakukan studi tahun lalu, tapi Blibli sebetulnya aktif masuk ke dalam journey tentang apa yang bisa kami lakukan untuk UMKM karena kami sadar kalau Indonesia mau maju, UMKM harus maju,” katanya.
Baca juga: Dukungan Digitalisasi UMKM Terus Mengalir dari Startup

Dia juga menyoroti temuan studi yang memprediksi Indonesia menjadi penyumbang ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Menurut penelitian, UMKM daring mampu memperoleh pendapatan 1,1 kali lebih banyak dibandingkan UMKM luring. UMKM daring juga 2,1 kali lebih mungkin untuk menjual barang secara nasional dan 4,6 kali lebih mungkin untuk mengekspor ke pasar internasional.

UMKM daring juga 1,1 kali lebih mungkin untuk melibatkan komunitas lokal sekitarnya, sementara juga 1,3 kali lebih mungkin untuk mempekerjakan orang lain.

“Jika dilihat UMKM yang sudah online bukan hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi masyarakat sekitar,” kata Haikal seraya menambahkan peningkatan literasi digital UMKM dari 20 persen menjadi 50 persen dapat berpotensi menghasilkan kontribusi sekitar USD38 miliar pada tahun 2024.
(jon)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3371 seconds (10.55#12.26)