Terungkap! Pembobol 11 Minimarket di Jakarta Berpengalaman Jadi Kuli Bongkar Bangunan

Jum'at, 09 September 2022 - 17:04 WIB
loading...
Terungkap! Pembobol 11 Minimarket di Jakarta Berpengalaman Jadi Kuli Bongkar Bangunan
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono membeberkan modus 3 pelaku pembobolan minimarket di Jakarta Timur. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Polres Metro Jakarta Timur membeberkan modus 3 pelaku pembobolan 11 minimarket di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Tiga pelaku berpengalaman membongkar bangunan kosong lantaran sehari-harinya sebagai kuli bongkar bangunan .

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, setiap aksinya para pelaku selalu masuk ke minimarket melalui atap toko. "Pelaku melakukan pencurian dengan cara memanjat toko lalu menggunting atap, menjebol eternit, memotong kabel CCTV dan kabel alarm," ujarnya, Jumat (9/9/2022).
Baca juga: Pembobolan 5 Minimarket di Jaktim, Polisi: Diduga Pelakunya Sama

Setelah masuk ke dalam minimarket pelaku selalu mengincar brankas. Pelaku membongkar brankas minimarket dengan menggunakan lahat dan palu yang sudah dipersiapkan.

"Pelaku sudah berpengalaman membongkar brankas. Mereka sudah terlatih saat bekerja sebagai kuli bongkar bangunan," katanya.

Tiga pelaku dibekuk di Cinere, Jakarta Selatan. Mereka adalah ketua yang seorang kuli bongkar bangunan berinisial S (38) alias Jabrik, KM alias Komar (47), dan M (47).

"Jabrik ini berperan sebagai kapten, sedangkan KM pengawas keadaan dan M sebagai pelaku yang menyediakan alat dan transportasi," kata Budi.

Atas perbuatannya, 3 pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1531 seconds (11.252#12.26)