Tergiur Upah Rp75 Juta, Sopir Truk Ekspedisi Angkut 6 Karung Ganja Siap Edar

Jum'at, 09 September 2022 - 13:02 WIB
loading...
Tergiur Upah Rp75 Juta, Sopir Truk Ekspedisi Angkut 6 Karung Ganja Siap Edar
Polres Jakarta Barat menangkap sopir truk ekspedisi beserta enam karung ganja siap edar. Foto: MPI/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - SO (45), seorang sopir truk ekspedisi ditangkap jajaran Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat di Serang, Banten. SO kedapatan membawa 209 kilogram ganja jaringan Sumatera-Jawa yang siap diedarkan di wilayah Jakarta.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce mengakatan, SO mengaku dijanjikan upah Rp75 juta oleh seorang berinisial SL. Namun, SO baru mendapatkan sebesar Rp20 juta sebagai uang muka. Baca juga: Bawa 6 Karung Ganja, Sopir Truk Ekspedisi Ditangkap Polisi

"Sisa uang akan diberikan setelah narkotika jenis ganja tersebut selesai diantar," kata Pasma saat konferensi pers di Mapolres Jakarta Barat, Jumat (9/9/2022).

Kasat Narkoba Polres Metro Jakbar AKBP Akmal menjelaskan, SO memasukkan barang bukti ganja 209 kilogram itu ke dalam boks yang ditumpuk bersama dengan besi-besi bekas.

Ganja tersebut sebelumnya sudah dikemas dalam bentuk paketan lakban yang dimasukan ke dalam enam karung. "Jadi sepertinya disamarkan dikamuflase," ungkapnya.



Akmal mengatakan, SO merupakan sopir truk yang biasa mengantar barang rute Medan-Pulau Jawa. SO mengaku tergiur dengan tawaran pengantaran narkotika ganja dengan upah sebesar Rp75 juta.

"Sebenarnya ada dua orang. Dia (SO) dan kondekturnya. Tapi kondekturnya sama sekali tidak tahu (kalau sang sopir bawa enam karung ganja). Kondekturnya hanya sekadar mendampingi saja ke gudang ngambil barang. Kita jadikan saksi saja," terangnya.

Kekinian, pihaknya tengah memburu SL yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). "Tim kami masih di lapangan kami masih bekerja di lapangan uuntuk mengungkap lagi," pungkasnya. Baca juga: Selundupkan Ganja 400 Kg, Sopir Truk Pisang Dijanjikan Bayaran Rp48 Juta

Sebelumnya, SO ditangkap di Jalan Raya Bojo Negara RT002 RW 02, Terate, Kramat Watu, Serang, Banten, Minggu 21 Agustus 2022 sekitar pukul 1.30 WIB. SO saat itu tengah berhenti di sebuah outlet untuk mengisi e-toll.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1321 seconds (11.210#12.26)