Profil Brigjen Pol Reza Arief Dewanto, Komandan Pasukan Gegana Pemburu Gembong Teroris Ali Kalora

Jum'at, 09 September 2022 - 07:51 WIB
loading...
Profil Brigjen Pol Reza Arief Dewanto, Komandan Pasukan Gegana Pemburu Gembong Teroris Ali Kalora
Komandan Pasukan Gegana Korps Brimob Polri Brigjen Pol Reza Arief Dewanto. Foto: @satbrimobkalbar
A A A
JAKARTA - Pada Jumat 25 Februari 2022, Komandan Pasukan Gegana Korps Brimob Polri Brigjen Pol Reza Arief Dewanto memimpin apel pelepasan personel Brimob Nusantara Purna Tugas Operasi Madago Raya 2022. Terdapat ratusan personel Purna Tugas yang dilepas di lapangan Mako Satbrimob Polda Sulawesi Tengah. Selain pelepasan, personel Purna Tugas yang berprestasi dianugerahkan pula pin emas sebagai penghargaan. Dalam apel tersebut, Brigjen Reza juga memberikan amanat kepada para personel Purna Tugas.

Brigjen Reza Arief Dewanto adalah seorang Komandan Pasukan Gegana Korps Brimob Polri. Pria kelahiran Jakarta, 2 Maret 1973 ini menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian Semarang dan lulus pada 1995. Ia lalu dilantik sebagai perwira pertama dengan pangkat Letda.

Reza memulai tugas pertamanya sebagai Perwira Pertama (Pama) Pusbrimob pada tahun 1996 hingga 1997. Sebagian besar karier Reza berada di pasukan Brimob. Setelah menjadi Pama Pusbrimob, Reza dipindahtugaskan menjadi Wadan Unit 1 Subden I Den A Men II Gegana hingga tahun 1998.

Pada tahun 2017, karier Reza merambat naik. Ia diangkat sebagai Kapolresta Samarinda. Tidak berhenti sampai di situ, Reza selanjutnya menjabat sebagai Kapolres di Polres Metro Jaya Jakarta Utara dari 2017 hingga 2019. Setelah beberapa tahun menjadi Kapolres, Reza kembali bertugas di pasukan tempur Polri alias Brimob.

Pengalamannya di Brimob membuat Reza terlibat dalam berbagai misi. Dia pernah terlibat dalam Operasi Tatoli IV Timor Timur di tahun 1998 hingga 1999. Dia juga pernah masuk dalam Operasi Berantas Narkoba Indonesia di tahun 2001 hingga 2002. Pada tahun 2021 lalu, Brigjen Reza terjun dalam Operasi Madago Raya Poso.



Satgas Madago Raya yang dipimpin Brigjen Pol Reza berhasil memburu kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang dipimpin Ali Kalora. Kelompok ini bergerak di wilayah Kabupaten Poso dan sekitaran Parigi Moutong.

Jabatan terakhir Brigjen Reza adalah Komandan Pasukan Gegana Korps Brimob Polri. Reza menduduki jabatan tersebut sejak 1 Mei 2020. Pasukan Gegana Polri sudah terbentuk sejak 1974. Satuan ini terbentuk untuk mengatasi isu teror terhadap Polda Metro Jaya. Pasukan ini merupakan salah satu pasukan khusus Indonesia yang telah menangani berbagai teror di Tanah Air.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)