Klarifikasi soal Formula E ke KPK Selama 11 Jam, Anies: Insya Allah Jadi Terang Benderang

Rabu, 07 September 2022 - 21:20 WIB
loading...
Klarifikasi soal Formula E ke KPK Selama 11 Jam, Anies: Insya Allah Jadi Terang Benderang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai memberikan keterangan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pelaksanaan Formula E, Rabu (7/9/2022) malam. Foto: MPI/Arie Dwi Satrio .
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan telah memberikan keterangan yang dibutuhkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pelaksanaan Formula E.

Baca juga: Acungkan Jempol, Anies Baswedan Penuhi Panggilan KPK Sendirian

"Insya Allah dengan keterangan yang tadi kami sampaikan akan bisa membuat terang, sehingga isu yang sedang didalami akan bisa menjadi terang benderang dan memudahkan KPK dalam menjalankan tugas," ujar Anies kepada wartawan usai keluar dari Gedung KPK, Rabu (7/9/2022) malam.

Anies dimintai keterangan oleh tim penyelidik KPK selama lebih kurang 11 jam. Anies pun mengaku senang bisa kembali membantu lembaga Antirasuah.

"Saya ingin sampaikan, senang sekali bisa kembali membantu KPK dalam menjalankan tugasnya," ungkap Anies.

Baca juga: Anies Datangi KPK, Upaya Membaurkan Kemajuan dan Gagasan Soal Formula E

Anies bercerita sempat menjadikan antikorupsi sebagai mata kuliah di kampusnya saat menjadi rektor. Saat itu, kampusnya merupakan satu-satunya yang menjadikan antikorupsi sebagai mata kuliah.

"Kemudian, ketika KPK membentuk Komite Etik dan kami diundang, kami siap membantu menjadi Ketua Komite Etik di KPK. Ketika dibentuk Tim Delapan pada masa itu, saya diundang, saya dengan sanggup membantu KPK," imbuhnya.



Anies menegaskan terus berkomitmen mencegah dan memberantas korupsi ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta. Salah satunya dengan membentuk komisi pencegahan korupsi di Ibu Kota.

Diketahui, Anies mendatangi KPK sekitar pukul 09.27 WIB. Anies terlihat turun dari mobil seorang diri tanpa pengawalan saat memasuki Gedung Merah Putih KPK.

Anies datang mengenakan baju dinas Pemprov DKI Jakarta saat memenuhi panggilan KPK. Ia juga tampak membawa map berwarna biru.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, pihaknya mengundang Anies Baswedan untuk dimintai klarifikasi terkait penyelenggaran Formula E. Salah satu yang ingin diklarifikasi ke Anies, yakni proses perencanaan Formula E.

Menurut Alex, tim penyelidik ingin mengetahui lebih detail bagaimana proses perencanaan hingga pelaksanaan Formula E yang telah dilangsungkan di Jakarta.

Untuk diketahui, ajang balap Formula E telah berhasil digelar pada 4 Juni 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1638 seconds (10.101#12.26)