Terima Bantuan MNC Peduli, Istana Yatim Baitul Quro: Sangat Bermanfaat untuk Anak-anak

Selasa, 06 September 2022 - 20:41 WIB
loading...
Terima Bantuan MNC Peduli, Istana Yatim Baitul Quro: Sangat Bermanfaat untuk Anak-anak
MNC Peduli menyalurkan bantuan bahan pokok kepada Istana Yatim Baitul Quro di Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Selasa (6/9/2022). Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - MNC Peduli menyalurkan bantuan bahan pokok kepada Istana Yatim Baitul Quro di Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Selasa (6/9/2022). Bantuan ini sangat bermanfaat untuk penghuninya yang merupakan anak yatim dan dhuafa.

"Terima kasih kepada seluruh jajaran keluarga besar MNC Peduli telah membantu kami yang dari ujung Bogor. Kami sangat bersyukur sekali bisa didatangi dan dibantu terutama anak-anak di sini memang memerlukan bantuan dan dengan segala keterbatasan kami sebagai pengasuh mereka sangat senang sekali bisa bersilaturahmi dan ada kontribusi untuk anak-anak," ujar Pembina Istana Yatim Baitul Quro Ayya Susi Damayanti, Selasa (6/9/2022).

Dia kemudian bercerita awal mula berdirinya Istana Yatim Baitul Quro di mana tempat tersebut diinisiasi oleh dirinya dan suami pada tahun 2017.
Baca juga: MNC Peduli Beri Bantuan Anak Yatim dan Dhuafa di Istana Yatim Baitul Quro Bogor

"Dulu tahun 2017 Ayya hanya guru pengajian setelah Maghrib. Di pengajian ini memang kebanyakan anak yatim. Suatu ketika anak yatim ini tidak masuk ngaji, setiap guru kroscek ternyata mereka nangis, mereka nggak punya makanan. Saat itu, pasti sebagai guru merasa bersalah sampai Ayya nggak tahu keadaan mereka sampai nggak bisa ngaji," ungkapnya.

Dari situ, Ayya dan suami membuat gerakan Jumat Barokah. Hal itu dilakukan karena banyaknya anak-anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan bantuan.

"Di situ awal mulanya Istana Yatim Piatu bisa ada di tengah masyarakat karena saking banyaknya anak yatim yang memiliki keterbatasan dan perlu dibantu," katanya.

Istana Yatim Baitul Quro yang memiliki 111 anak yatim piatu dan 27 dhuafa lansia itu memiliki berbagai program seperti memberikan bantuan langsung maupun pemberian pelatihan pemberdayaan ekonomi agar dapat menjadi mandiri dan banyak program lainnya.

Saat ini hasil produk pelatihan anyaman bambu dan rajutan Baitul Quro mulai dipasarkan baik secara daring maupun luring. Hasil penjualan untuk kebutuhan operasional dan bantuan terhadap binaan anak yatim dan dhuafa.

"Hasil UMKM belum mencukupi. Saya dengan suami bekerja sebagai guru honor dan kami memang kerja sangat keras agar setiap minggu mencapai target karena setiap Jumat kami ada santunan untuk mereka. Kami sangat memerlukan bantuan orang lain karena tidak bisa sendiri. Kami hanya modal niat dan terus berniat untuk anak-anak, kami akan infakkan tenaga dan pikiran," ujar Ayya.

Anggota UMKM Istana Yatim Baitul Quro, Onah (52) mengatakan sudah bergabung sejak tahun 2017. Dia mempunyai keahlian membuat anyaman bambu untuk membantu mencukupi kebutuhan hidup.

"Buat bakul dari anyaman bambu. Alhamdulillah sekarang agak lancar pesanan dari Tangerang, Parung Panjang untuk rumah makan," ucapnya.

MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di website mncpeduli.org.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)