Podcast Aksi Nyata: Perindo Nilai Perubahan Jam Kerja ASN Pengaruhi Sektor Swasta

Minggu, 04 September 2022 - 21:17 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata: Perindo Nilai Perubahan Jam Kerja ASN Pengaruhi Sektor Swasta
Wakil Ketua Bidang Kader dan Keanggotaan DPW Partai Perindo DKI Jakarta Rimhot Turnip menjadi narasumber pada Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Minggu (4/9/2022). Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Podcast Aksi Nyata Partai Perindo kali ini membahas wacana perubahan jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menanggulangi kemacetan Jakarta yang disambut baik oleh Perindo. Meski demikian, Perindo menilai wacana tersebut perlu dikaji mendalam.

Wakil Ketua Bidang Kader dan Keanggotaan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo DKI Jakarta Rimhot Turnip menilai kebijakan penggantian jam kerja ASN ini dapat dipastikan juga berpengaruh pada sektor swasta lainnya. Sebab, sektor ASN bertanggung jawab pada pelayanan publik terutama di bagian administrasi.

"Kalau ini ceritanya untuk ASN, tidak bisa juga. Karena ASN itu pelayan publik pasti bersangkut paut dengan sektor swasta," ujar Rimhot saat diwawancarai Herjuno Syahputra dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo yang ditayangkan secara daring, Minggu (4/9/2022).
Baca juga: Podcast Aksi Nyata: Perindo Sebut Kemacetan Jakarta Rugikan Negara hingga Triliunan

Salah satu sektor swasta yang terimbas seperti perbankan. Konteks urusan perbankan itu pasti melibatkan sektor pelayanan publik di mana menjadi ruang lingkup ASN.

"Ketika transaksi perbankan itu kan menyangkut ASN dan swasta juga. Kalau jam kerja diubah menjadi siang hari, berarti sistem kerja produksi perekonomian kita pun baru bergerak semua di waktu siang. Tidak hanya di ASN saja," ungkap Rimhot.

Wacana perubahan jam kerja ASN hanyalah sebagai opsi. Jika memang benar dipindahkan waktu pelayanan publik di siang hari hingga waktu malam, kemacetan juga hanya berpindah waktu saja.

"Wacana kebijakan ini perlu dikaji mendalam dan melibatkan sejumlah stakeholder di Jakarta. Tidak hanya ASN karena kepentingan semuanya pasti akan terdampak juga, swasta juga harus disosialisasikan," katanya.

Diketahui, Podcast Aksi Nyata Perindo yang menghadirkan Rimhot bertemakan Wacana Perubahan Jam Kerja ASN Untuk Mengurangi Kemacetan di Jakarta. Podcast yang digawangi oleh Herjuno Syahputra tersebut ditayangkan secara daring via media sosial dan portal berita online yakni Instagram Partai Perindo, RCTI+, Okezone, SINDOnews.com, iNews.id, YouTube, Facebook, Twitter dan Website Partai Perindo.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3579 seconds (11.210#12.26)