Profil Irjen (Purn) Adang Firman, Mantan Kapolda Metro Jaya yang Dikenal Lembut tetapi Tegas

Sabtu, 03 September 2022 - 05:56 WIB
loading...
Profil Irjen (Purn) Adang Firman, Mantan Kapolda Metro Jaya yang Dikenal Lembut tetapi Tegas
Irjen Pol Adang Firman (kiri) saat mendampingi Kapolri Jenderal Sutanto (tengah) dan Wakapolri Irjen Makbul Padmanagara (kanan), Minggu 29 Juni 2008. Foto: Dok Antara/Widodo
A A A
JAKARTA - Irjen Pol (Purn) Adang Firman merupakan Kapolda Metro Jaya ke 26 yang menjabat 21 Juni 2006 hingga 18 Desember 2008. Saat menjabat Kapolda Metro Jaya, Adang Firman dikenal lembut kepada anak buah, tetapi tegas dalam memberantas aksi kejahatan.

Catatan redaksi MNC Portal, dikutip Sabtu (3/9/2022), Adang Firman dilantik jadi Kapolda Metro Jaya di era Kapolri Jenderal Pol Sutanto pada 21 Juni 2006. Ia menggantikan Irjen Pol Firman Gani yang dimutasi menjadi Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan (Kasespim) Polri berdasarkan SKEP Kapolri No 694/VI/2006.

Adang Firman sebelumnya menjabat sebagai Deputi Operasi Mabes Polri. Adang Firman juga pernah menjabat Kapolda Sumatera Barat periode 2001-2003.



Adang Firman merupakan alumni Akabri Bagian Kepolisian tahun 1973. Adang Firman satu angkatan dengan Sutanto dan Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Semasa menjabat Kapolda Metro Jaya, Adang Firman dikenal sangat demokratis dan banyak menginspirasi anak buah. Bahkan Wakapolda Polda Metro Jaya Brigjen Polisi Jasir Karwita saat itu menyebut Adang Firman sebagai sosok bapak, guru, dan ustaz bagi seluruh jajaran keluarga besar Polda Metro Jaya.

Profil Irjen (Purn) Adang Firman, Mantan Kapolda Metro Jaya yang Dikenal Lembut tetapi Tegas
Irjen Pol Adang Firman (kiri) menyerahkan tongkat estafet Kapolda Metro Jaya kepada Irjen Pol Wahyono. Foto: Dok Antara

Arahan, instruksi, dan nasihatnya, sangat dirasakan manfaatnya oleh seluruh jajaran Polda Metro Jaya. Jasir mengaku sangat terkesan dengan kepemimpinan Adang Firman sekitar dua tahun menjabat Kapolda Metro Jaya. Adang Firman tidak hanya memberikan perintah dan arahan, tetapi langsung memberikan contoh.


Walaupun lembut kepada anak buah, namun suami dari Neneng M ini dikenal tegas terhadap pelaku kejahatan maupun pembuat onar di Jakarta. Atas ketegasannya itulah, Indonesia sukses menggelar Final Piala Asia (AFC 2007) yang berlangsung di Stadion Bung Karno di Jakarta.

Adang Firman juga berhasil mengamankan Pilkada DKI Jakarta tahun 2017. Pilkada DKI 2007 saat itu perlu mendapat atensi karena Gubernur DKI pertama yang akan dipilih langsung oleh masyarakat. Saat itu, pasangan Fauzi Bowo dan Prijanto terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012. Mereka unggul dari pasangan Adang Daradjatun dan Dani Anwar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)