Anies dan Ariza Kompak Hadiri Malam Final Abang None ke-50

Jum'at, 02 September 2022 - 20:23 WIB
loading...
Anies dan Ariza Kompak Hadiri Malam Final Abang None ke-50
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi oleh sang Istri, Fery Farhati mengenakan pakaian adat Betawi. Foto: MNC Portal Indonesia/Refi Sandi
A A A
JAKARTAA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Ahmad Riza Patria kompak menghadiri malam final pemilihan Abang None 2022 . Pemilihan Abang None yang ke-50 ini digelar di Ciputra Artpreneur, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2022) malam.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi Anies didamping Istri Fery Farhati mengenakan pakaian adat Betawi. Anies terlihat memakai baju demang atau ujung serong berwarna hitam lengkap dengan kain batik dan peci, sedangkan Fery Farhati mengenakan kebaya berwarna merah lengkap dengan kain batik.

Kemudian tak lama berselang Ariza terlihat mengenakan pakaian adat Betawi sama seperti Anies. Begitu juga istri Ariza, Ellisa Sumarlin yang mengenakan kebayan dan kerudung berwarna hijau.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Pemilihan Abang None Jakarta. Setelah dua tahun absen di masa pandemi Covid-19, pemilihan Abang None Jakarta kembali digelar pada tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, ajang ini menjadi salah satu upaya untuk pengembangan generasi muda. Sehingga Kota Jakarta memiliki sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendukung Kota Jakarta setara dengan kota-kota maju di dunia.

"Abang None Jakarta ke depan akan menjadi spokesperson bagi DKI Jakarta. Tak hanya itu, mereka akan mewakili Jakarta dalam kegiatan-kegiatan penting, bukan hanya skala lokal, tetapi juga dalam skala internasional yang akan mendukung kemajuan Jakarta sebagai kota global. Kami yakin kapasitas pemuda-pemuda ini adalah yang terbaik di Jakarta dan mereka mampu berbicara lebih banyak di tingkat global," ucap Andhika di Jakarta, Jumat (2/9/2022).

Andhika menambahkan, pemilihan Abang None Jakarta 2022 dinilai spesial karena menjadi angkatan ke-50 sekaligus menjadi ajang Pemilihan Duta Daerah tertua di Indonesia. Kemudian, ajang Pemilihan Abang None Jakarta ke-50 ini pun berbarengan dengan penyelenggaraan kegiatan Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022, di mana Kota Jakarta sebagai tuan rumah, yang merupakan bagian dari engagement group G20.



Kemudian, rangkaian pemilihan Abang None Jakarta 2022 ini sudah dimulai sejak bulan Juni dari pemilihan Abang None tingkat kotaatau kabupaten. Selanjutnya, tiga besar terbaik dari masing-masing kota atau kabupaten dikirimkan untuk mengikuti kegiatan di tingkat provinsi.

"Dalam proses seleksi Pemilihan Abang None Jakarta tingkat provinsi, para finalis Abang None Jakarta mendapatkan berbagai macam pembekalan dan pembinaan untuk meningkatkan kompetensi mereka sebagai Duta Kota Jakarta. Rangkaian kegiatan lain yang dilakukan selama proses pemilihan adalah latihan tari, public speaking, city tour, dan kegiatan unjuk bakat," ucapnya.

Andhika menyebut proses seleksi Pemilihan Abang None Jakarta 2022 melalui proses penjurian yang ketat dari sembilan bidang yang berbeda. Dewan juri pemilihan Abang None Jakarta 2022 diketuai oleh Sri Haryati selaku Asisten Perekonomian Sekda Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pemenang Abang None Jakarta dan finalis lainnya akan menjalankan tugas selama satu tahun ke depan. Mereka diharapkan aktif berkontribusi mempromosikan Indonesia, khususnya Jakarta dalam potensi pariwisata, ekonomi kreatif, dan kebudayaan khususnya melalui kreativitas digital. Hal ini karena sektor pariwisata ke depan akan penuh inovasi dan adaptasi dengan kemajuan teknologi.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)