Menara 165, Gedung Ikonik Spiritual di Jakarta Selatan

Jum'at, 02 September 2022 - 14:04 WIB
loading...
Menara 165, Gedung Ikonik Spiritual di Jakarta Selatan
Gedung Menara 165 yang sangat ikonik karena lafadz Allah pada puncak menaranya.Foto/esqnews/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bagi Anda yang sering melintas di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan tentunya tidak asing dengan Gedung Menara 165. Ya, gedung ini sangat ikonik karena lafadz Allah pada puncak menaranya.

Lalu siapakah, pemilik Gedung Menara 165 yang ikonik tersebut?. Dilansir dari berbagai sumber, Gedung Menara 165 ini berdiri tepat di Jalan TB. Simatupang Kavling 1, Jakarta Selatan. Gedung ini dibangun dan dikelola secara profesional oleh PT. Grha 165 Tbk sebagai perusahaan terbuka yang terdaftar di Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM).

Pembangunan awal Menara 165 dicetuskan pada tahun 2005 oleh sejumlah alumni Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang ingin memiliki gedung pribadi dan diperuntukkan sebagai pusat seluruh kegiatan alumni ESQ, termasuk kegiatan penyelenggaraan pelatihan ESQ.

Saat itu, sebagian besar alumni training ESQ yakin bahwa nanti akan lahir era kebangkitan bangsa, dan Menara 165 menjadi simbol atas kebangkitan tersebut. Kini, gedung 25 lantai tersebut berfungsi sebagai perkantoran dan gedung pertemuan atau MICE (Meeting, Incetive, Convention, and Exhibition).

Lebih rincinya, Menara 165 memiliki luas tanah 9.660 meter², terdiri atas 24 lantai perkantoran, 1 lantai puncak sebagai masjid, 3 lantai basement, 4 ballroom berkapasitas 1.000 orang, yakni Granada, Andalucia, Cordoba, serta Gibraltar yang dapat digunakan untuk pernikahan, rapat, pelatihan, wisuda, pameran, pertemuan, konser musik, penghargaan, peluncuran produk, ulang tahun, peragaan busana dan acara lainnya.

Dengan masa pembangunan sekitar tiga sampai delapan tahun dan memakan biaya sebesar Rp332 miliar. PT. Grha 165 tbk dan ESQ berharap, Menara 165 dapat menjadi salah satu landmark ikonik di Jakarta Selatan, sebab mengandung unsur spiritual, seperti jumlah lantai pada gedung melambangkan 25 Nabi.

Tertulis pula 7 karakter bangsa, yakni tanggung jawab, jujur, disipllin, adil, visioner, kerja sama, dan peduli. Baca: Unik, Bangunan Balai Desa Mirip Istana Negara Jadi Lokasi Wisata

Tak hanya itu, puncak Menara 165 merupakan bangunan Masjid Ar-Rahim yang memiliki lafadz “Allah” pada gentengnya. Serta tulisan Rukun Ihsan, Rukun Iman, dan Rukun Islam melalui angka 165.

Namun, mengapa terdapat lafadz “Allah” di puncak Menara 165? Hal tersebut, dimaksudkan sebagai simbol semangat umat Islam dalam membangun peradaban emas.
Memiliki visi menjadi gedung pilihan dalam industri jasa pelayanan atau properti menuju peradaban emas.

Dibantu melalui misi, yakni PT Grha 165 Tbk bersama ESQ menjadi perusahaan jasa pelayanan atau properti terpadu, dengan menyediakan lingkungan dan pelayanan yang bernuansa syari’ah.

Menghadirkan rasa aman, nyaman, dan pengalaman yang mengesankan bagi stakeholder, serta berjuang menuju peradaban emas. Memiliki nilai integritas, loyalitas, inovatif, aktif berkolaborasi, dan berorientasi pada pelanggan.

Terletak di lokasi kawasan bisnis TB Simatupang yang strategis karena dikelilingi oleh kawasan bisnis lain, yakni Antasari, Fatmawati, dan Cilandak. Aksesnya mudah sebab dilalui oleh Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, yang mengarah ke area bisnis segitiga emas, yakni Jalan Sudirman, Gatot Subroto, Rasuna Said (Kuningan), serta akses area kereta menuju luar kota yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

(MG/Afridha Khalila)
(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2439 seconds (10.177#12.26)