Wagub Ariza Serahkan ke DPRD Terkait Usulan 3 Nama Pj Gubernur DKI

Jum'at, 02 September 2022 - 08:17 WIB
loading...
Wagub Ariza Serahkan ke DPRD Terkait Usulan 3 Nama Pj Gubernur DKI
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza).Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menyerahkan seluruh keputusan usulan nama Penjabat (Pj) Gubernur kepada DPRD DKI. Hal itu merespons pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait tiga dari enam nama akan diusulkan DPRD DKI.

"Teman-teman DPRD akan rapat internal, akan mengusungkan tiga nama. Siapa kah itu? Kita akan serahkan pada teman-teman DPRD," ungkap Ariza kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2022) malam.

Ariza menilai seluruh mekanisme pemilihan Pj Gubernur telah sesuai ketentuan Kemendagri hingga nantinya diputuskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).
"Itu sudah diatur oleh ketentuan dari Kemendagri bahwa DPRD diberi kesempatan untuk mengusulkan tiga nama, sesuai dengan syarat-syarat, aturan yang ada. Kita hormati itu," ujarnya.

Diketahui, jabatan Anies Baswedan dan Ariza akan selesai 16 Oktober mendatang. Sedangkan rapat paripurna pemberhentian bakal digelar DPRD DKI 13 September mendatang.

Mendagri Tito Karnavian telah bersurat ke DPRD DKI Jakarta untuk mengirimkan nama calon pengganti Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Sekali lagi, untuk DKI sekarang tahapnya kami sudah kirim surat ke DPRD DKI, kalau enggak salah kemarin saya tanda tangani," ujar Tito dalam raker bersama Komisi II DPR RI, Rabu (31/8/2022).

DPRD DKI Jakarta, lanjut Tito, nantinya juga dapat mengusulkan tiga nama pengganti Gubernur DKI Jakarta. Dengan demikian, setidaknya ada enam calon pengganti Gubernur DKI Jakarta yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

"Tiga nama dari DPRD, tiga nama dari Kemendagri, kita ajukan ke Presiden. Bapak Presiden nanti akan mengadakan sidang TPA, yang nanti tentu akan berkembang. Apapun keputusannya itulah hasil sidang TPA," ucap Tito.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3858 seconds (0.1#10.140)