Djakarta Festival 2022, Kadin DKI: Tingkatkan Perekonomian UMKM

Kamis, 01 September 2022 - 15:21 WIB
loading...
Djakarta Festival 2022, Kadin DKI: Tingkatkan Perekonomian UMKM
Kadin DKI Jakarta menggelar Djakarta Festival untuk meningkatkan perekonomian khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan IKM. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta menggelar Djakarta Festival 2022 untuk meningkatkan perekonomian khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah ( UMKM ) dan Industri Kecil Menengah (IKM). Acara ini juga sebagai rangkaian Rapimprov III Kadin DKI Jakarta yang digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

“Gelaran Djakarta Festival 2022 bertujuan untuk meningkatkan perekonomian khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM),” kata Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi dalam keterangannya, Kamis (1/9/2022).

Djakarta Festival 2022 yang merupakan kegiatan pameran seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ) ini mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Djakarta Festival 2022 merupakan ajang pameran dagang yang melibatkan pelaku UMKM dan IKM sehingga diharapkan dapat memperkuat pemulihan ekonomi, terutama di DKI Jakarta,” ujar Diana.

Kegiatan Djakarta Festival menghadirkan 120 both terdiri dari kurang lebih 300 tenan para pelaku UKM dan UMKM yang sudah dikurasi, tujuh perwakilan Provinsi antara lain: Kadin Jawa Barat, Kadin Gorontalo, Kadin Sulawesi Tenggara, Kadin Sumatera Selatan, Kadin Banjarnegara, Kadin Banten, dan Kadin Riau.



DariUMKM itu ada empat peserta disabilitas dinas sosial. Menariknya, kata dia, seluruh peserta pameran dagang ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Ini merupakan salah satu bentuk keberpihakan Kadin DKI Jakarta untuk mendorong percepatan pemulihan pelaku usaha setelah pandemi.

“Untuk peserta pameran Djakarta Festival 2022 yang terpilih nantinya Kadin DKI Jakarta akan melakukan pendampingan dalam rangka pengembangan pasar ekspor. Sehingga, ajang ini dapat berkelanjutan dan tidak hanya sebatas pameran produk semata. Kadin DKI Jakarta berkomitmen membantu pelaku usaha yang prospektif untuk memperluas pemasaran produknya hingga ke mancanegara,” kata Diana.

Wakil Ketua Umum Bidang Penyiaran dan Ristek Kadin DKI Jakarta Uchy Hardiman yang juga Ketua Panitia Djakarta Festival 2022 menambahkan, kegiatan itu merupakan gelaran perdana Kadin DKI Jakarta setelah pandemi berlalu.

“Djakarta Festival ini bentuk kepedulian Kadin DKI Jakarta kepada pengusaha di DKI Jakarta khususnya. Alhamdulillah Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid sangat mendukung kegiatan ini. Mudah-mudahan acara ini menjadi cikal bakal pilot project untuk Kadin seluruh Indonesia ke depannya,” kata Uchy.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)