Ratusan Pekerja Rentan Dapat Bantuan Perlindungan Ketenagakerjaan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:01 WIB
loading...
Ratusan Pekerja Rentan Dapat Bantuan Perlindungan Ketenagakerjaan
Para pekerja rentan di Indonesia cenderung memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi ketimbang orang-orang yang bekerja di sebuah perusahaan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para pekerja rentan di Indonesia cenderung memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi ketimbang orang-orang yang bekerja di sebuah perusahaan. Namun, seringnya pekerja rentan tidak memiliki kemampuan untuk melindungi dirinya dengan produk jaminan sosial lantaran memiliki penghasilan yang relatif lebih rendah.

Karena itu, Yayasan Korindo menyerahkan bantuan iuran bagi 500 pekerja rentan selama tiga bulan ke depan lewat program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) yang diinisiasi BPJS Ketenagakerjaan.
Baca juga: Pekerja Magang Wajib Memiliki BPJS Ketenagakerjaan

Program GN Lingkaran untuk membantu perlindungan pekerja rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan dari dana CSR perusahaan. “Saat ini masa pemulihan pandemi Covid-19. Akibatnya para pekerja rentan dengan kondisi ekonomi kurang menentu menemui berbagai kesulitan. Selain risiko kecelakaan kerja yang tinggi, kesehatan dan keselamatan mereka juga terancam akibat pandemi,” ujar Sekjen Yayasan Korindo Seo Jeongsik, Rabu (31/8/2022).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Menara Jamsostek Mohammad Irfan mengakui pentingnya peranan pengusaha untuk memastikan kesuksesan program ini.

“Sebagai bagian dari program kita berpartisipasi aktif khususnya dalam konteks pengentasan kemiskinan minimal tidak menciptakan kemiskinan baru. Walaupun kami ditunjuk sebagai satu-satunya badan penyelenggara yang ditugaskan untuk memberikan perlindungan bagi seluruh pekerja Indonesia, tapi kami tidak bisa bekerja sendiri,” katanya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1816 seconds (11.252#12.26)