Anies: Ada 3 Isu Penting U20 untuk Disampaikan di G20 Bali, Ini Isinya

Rabu, 31 Agustus 2022 - 07:05 WIB
loading...
Anies: Ada 3 Isu Penting U20 untuk Disampaikan di G20 Bali, Ini Isinya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Istiimewa
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada tiga isu penting dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Urban 20 atau U20 Mayors Summit di Jakarta yang akan diteruskan ke KTT G20 yang akan diselenggarakan di Bali.

Adapun ketiga isu tersebut telah dibahas di Hotel Fairmont, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022) bersama sejumlah delegasi U20. ”Ada 3 hal penting yang akan kita sampaikan ke G20,” kata Anies.

Anies sebagai Co-Chair U20 mengatakan, isu pertama yakni melakukan investasi lebih besar pada bidang kesehatan dan perumahan atau hunian untuk mempercepat pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

”Pentingnya lebih besar investasi di bidang kesehatan dan perumahan untuk bisa mempercepat recovery (pemulihan) ekonomi dan kita dalam diskusi tadi sampaikan pentingnya memanfaatkan recovery ini untuk bisa melakukan kebijakan-kebijakan pembangunan yang lebih berkeadilan, yang lebih beri kesempatan yang setara bagi semua,” ucapnya.

Selanjutnya, Anies mengayakan pentingnya pendekatan energi berkelanjutan dan pemanfaran mobilitas penduduk dalam suatu kawasan Urban atau perkotaan.



”Kedua, adalah pentingnya utk segera adopsi pendekatan berkelanjutan, khususnya di dalam transisi pemanfaatan energi dan di dalam pemanfaatan mobilitas penduduk dalam kawasan urban,” ujarnya.

Kemudian, Anies juga mengatakan U20 mendorong pendidikan dan pelatihan kerja bagi masa depan masyarakat.

”Pentingnya memberikan pendidikan dan pelatihan untuk pekerjaan di masa depan, karena kita alami transformasi dan banyak kerjaan-kerjaan baru, banyak kebutuhan-kebutuhan baru, skill (keahlian) di masa yang akan datang,” jelasnya

Lebih lanjut, Anies membeberkan dalam percakapan tadi juga, fokus yang disampaikan makin hari kita di ambang krisis terkait dengan tingginya harga minyak, tingginya harga energi, tingginya harga makanan, dan itu berdampak, dirasakan banyak negara.

Sebagai informasi, KTT U20 Tahun 2022 tersebut juga dihadiri oleh Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto; Mendagri RI, Tito Karnavian; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Executive Director, C40, U20 Co-convener, Mark Watts; serta Secretary General, UCLG, U20 Co-convener, Emilia Saiz.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)