Kisah Komandan Detasemen Brimob Pucat Ditodong Senapan oleh Anak Buah

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 18:13 WIB
loading...
Kisah Komandan Detasemen Brimob Pucat Ditodong Senapan oleh Anak Buah
AKBP (Purn) Hartino. Foto: IG Matapadi/buku Resimen Pelopor (Edisi Revisi), Pasukan Elite Yang Terlupakan, karya Anton Agus Setyawan dan Andi Muh Darlis, Januari 2013
A A A
JAKARTA - Dalam misi infiltrasi ke Irian Barat/Papua pada tahun 1962, seorang Komandan Detasemen Brimob ditodong senapan AR 15 oleh anak buahnya. Seketika wajah sang komandan berpangkat Ajun Komisaris Polisi itu pucat.

Siapa anak buah yang berani mengacungkan senapan ke atasannya? Dia adalah AKBP (Purn) Hartino, satu-satunya perwira yang lolos dalam ujian Ranger angkatan I tahun 1959, tapi tidak bisa menjadi perwira tinggi.
Baca juga: Mantan Kapolri Menangis, Pasukan Resimen Pelopor Brimob Keheranan

Dikutip dari bukuResimen Pelopor (Edisi Revisi), Pasukan Elite Yang Terlupakan, karya Anton Agus Setyawan dan Andi Muh Darlis, Januari 2013, saat insiden penodongan tersebut dia berpangkat Inspektur Dua (Ipda) yang diketahui pangkat tertinggi dalam jajaran pasukan khusus.

Hartino mengacungkan senapan AR 15 dan melepas pengamannya untuk membidik Komandan Detasemen Brimob demi membela prajurit Ranger atau Resimen Pelopor. Amarah Hartino bukan tanpa alasan.

Dia menilai sang komandan belum berhak menggunakan nama Pelopor karena belum melaksanakan ujian kualifikasi Pelopor. Ketegangan mengendur lantaran Hartino ditenangkan oleh para Bintara komandan tim. Beruntung, kejadian tersebut tidak membawa korban jiwa.

Setelah peristiwa itu, sang Komandan Detasemen diganti oleh perwira muda yang kelak menjadi komandan legendaris Resimen Pelopor yakni Jenderal Polisi (Purn) Anton Soedjarwo yang akhirnya menjabat Kapolri periode tahun 1982-1986.

Berkat kesangaran dan kenekatannya pula Hartino ditakuti perwira Markas Besar DKN (Djawatan Kepolisian Negara sekarang Mabes Polri). Karena kenekatan itulah membuat Hartino dipindahkan ke Sulawesi.

Selain kenekatannya, sosok Hartino juga unik. Anak buahnya kerap mengira Komandan Kompi A Brimob Ranger ini memiliki jimat yang mampu mengendus atau menjejak gerombolan pemberontak. Saat test mission menghadang pemberontak DI/TII di Tasikmalaya, Jawa Barat pada tahun 1959, Hartino memimpin satu regu untuk menghadang lawan.
Baca juga: Jenderal Polisi Ini Tegur Kapolres karena Parkir Mantan Resimen Pelopor Brimob

Ketika bertemu musuh, Hartino selalu berada di depan dan terus berlari kencang mencari posisi sambil melepas tembakan. Ini membuat anak buahnya yang berada di belakangnya kewalahan mengejar sang komandan. Anggota Kompi A selalu teringat dalam setiap kontak senjata, US Carabine milik Hartino yang selalu menjadi senapan pertama pasukan Ranger melepaskan peluru.

Kemudian, setiap regu yang dipimpin Hartino selalu bertemu pemberontak baik dalam misi di Jabar tahun 1959 maupun Sumatera pada 1960. Karena inilah, anak buahnya mengira Hartino memiliki jimat yang mampu menjejak pemberontak.

Konsekuensinya, setiap regu yang komandonya diambil alih Hartino harus selalu menyiapkan amunisi tambahan sebagai persiapan menghadapi kontak tembak yang biasanya berlangsung lama.

Gerombolan pemberontak yang bertemu pasukan Ranger pimpinan Hartino selalu dikejar dan jarang dilepaskan. Hartino juga memiliki kebijakan lapangan yang terkenal di kalangan anak buahnya yaitu tidak diperkenankan membawa tawanan dalam pertempuran. Artinya, setiap musuh harus ditembak. Itulah yang membuat sosok Hartino menjadi kontroversial.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)