Miris! Siswa SDN Sukadaya Bekasi Bertahun-tahun Belajar di Ruang Kelas Berlubang

Kamis, 25 Agustus 2022 - 18:42 WIB
loading...
Miris! Siswa SDN Sukadaya Bekasi Bertahun-tahun Belajar di Ruang Kelas Berlubang
Ratusan siswa di SDN 02 Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, harus belajar di ruang kelas berlubang selama lima tahun terakhir. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Miris, ratusan siswa yang mengenyam pendidikan di SDN 02 Sukadaya, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, harus belajar di ruang kelas yang atap plafonnya berlubang. Selama 5 tahun terakhir belum ada perbaikan dari pemerintah.

”Bahwa rusaknya plafon dan atap sekolah telah terjadi sejak bertahun-tahun lalu tanpa adanya perhatian dari Pemkab Bekasi, Kurang lebih sudah lima tahun,” kata seorang guru yang enggan disebutkan namanya, Kamis (25/8/2022).

Plafon dan atap yang rusak terjadi di enam kelas. Bahkan siswa kelas satu harus rela duduk di lantai lantaran keterbatasan fasilitas.”Semua kelas atasnya berlubang, dari kelas I sampai VI, jumlah siswa total ada 300, kalau kelas I ada 22 siswa duduk di lantai,” tuturnya.

Disaat hujan melanda di wilayah tersebut, para siswa harus diliburkan. Mereka tak bisa belajar lantaran air hujan masuk ke setiap kelas dari atap-atap yang berlubang. Tak hanya itu, para siswa harus melepas sepatunya dikarenakan terkadang kondisi lantai sangat licin.

Miris! Siswa SDN Sukadaya Bekasi Bertahun-tahun Belajar di Ruang Kelas Berlubang


Kepala SDN 02 Sukadaya, Eko Susanto mengatakan pemerintah daerah telah meninjau ke lokasi sekolah tersebut untuk merencanakan pembangunan gedung baru. ”Kemarin dari pemerintah sudah datang. Bappeda juga berencana mau ke sini untuk ukur lahan,” kata Eko.



Sementara orang tua murid SDN 02 Sukadaya, Markonah sangat mengkhawatirkan anaknya yang harus belajar di kelas dengan kondisi plafon berlubang.

Ia mengaku was-was setiap kali melepas anaknya pergi ke sekolah dikarenakan khawatir genteng terjatuh dan menimpa murid-murid.

”Gentengnya pada keropos gitu. Saya sih takutnya ada yang jatuh, terus nimpa murid-murid,” kata Warga Sukawangi ini. Apalagi, anaknya yang duduk di kelas I harus belajar di lantai karena keterbatasan fasilitas di sekolah. Ia mengkritik kondisi bangunan sangat tua.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Carwinda menjelaskan pihaknya tak bisa berbuat banyak untuk mengatasi permasalahan gedung SDN 02 Sukadaya di Kecamatan Sukawangi, yang nyaris ambruk.

Hal itu dikarenakan pembangunan fisik sekolah di Kabupaten Bekasi merupakan kewenangan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi.”Kami sudah mengusulkan sekolah yang butuh perbaikan segera, kita sifatnya hanya mengusulkan,” katanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)