Anies Minta Konsep Mezzanine Jadi Panduan Pembangunan Rusun di Jakarta

Kamis, 25 Agustus 2022 - 12:38 WIB
loading...
Anies Minta Konsep Mezzanine Jadi Panduan Pembangunan Rusun di Jakarta
Anies menyebutkan pola mezzanine di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung telah diaplikasikan dalam pembangunan Kampung Susum Bayam, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di kawasan Pulo Jahe, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, diresmikan Gubernur DKI Anies Baswedan, Kamis (25/8/2022). Kampung susun tersebut diperuntukkan bagi warga eks Bukit Duri, Jakarta Selatan yang terdampak penggusuran normalisasi Kali Ciliwung.

Anies menjelaskan, Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung memiliki 3 blok dengan 75 unit hunian yang dilengkapi aula juga kios untuk berwirausaha. Hunian yang memiliki luas 36 meter persegi itu dilengkapi lantai mezzanine atau lantai tambahan meskipun hanya dibangun satu lantai.

"Hari ini ada 75 unit hunian, 4 aula, ada kios dan yang membuat unik adalah rancangannya. Ini juga salah satu perjalanan pengalaman dari pandemi, ketika 36 meter persegi tidak dirancang sebagai satu ruang pendek tapi ditinggikan dan diadakan mezzanine," kata Anies dalam sambutannya.

Baca juga: Anies Resmikan Kampung Susun Produktif Cakung untuk Eks Warga Bukit Duri

Anies menyebutkan pola mezzanine di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung telah diaplikasikan dalam pembangunan Kampung Susum Bayam, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Menurutnya, adanya lantai mezzanine dapat dijadikan panduan dalam pembangunan rumah susun (Rusun) di Jakarta.

Anies Minta Konsep Mezzanine Jadi Panduan Pembangunan Rusun di Jakarta


Bahkan, bila perlu Anies sudah memerintahkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta Sarjoko untuk menerbitkan SK Kadis atau Peraturan Gubernur (Pergub).

"Pak Kadis, pola ini sekarang sudah digunakan di Kampung Bayam. Pembangunan Kampung Bayam itu menggunakan pola seperti ini. Saya rasa ini perlu jadi panduan pembangunan rumah susun di Jakarta bahwa bukan ukuran 36 meter persegi, tapi tingginya juga ditetapkan. Karena biasanya kita hanya panjang lebar saja, tingginya tidak. Ini tingginya memungkinkan adanya mezzanine," kata Anies.

Anies Minta Konsep Mezzanine Jadi Panduan Pembangunan Rusun di Jakarta


"Jadi Pak Kadis, kalau perlu dibuatkan Pergub buatkan Pergub. Kalau cukup SK kadis, siapkan SK Kadis . Semua rumah (susun) baru di Jakarta harus bisa punya mezzanine di dalamnya," imbuhnya.

Pantauan MNC Portal, satu hunian dilengkapi ruang tamu dan juga ruang keluarga, kamar mandi di dalam, dapur beserta ruang makan, kamar tidur dengan dua kasur tingkat dan kamar tidur di lantai mezzanine.
(thm)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1065 seconds (10.55#12.26)