Jubir Perindo Berharap Potensi Wisata di Hurip Jaya Bangkit Kembali

Senin, 15 Agustus 2022 - 21:00 WIB
loading...
Jubir Perindo Berharap Potensi Wisata di Hurip Jaya Bangkit Kembali
Jubir Partai Perindo Ike Suharjo mengunjungi Kampung Sembilangan, Kelurahan Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (15/8/2022). Ike melihat berbagai potensi wisata Kampung Sembilangan. Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Jubir Partai Perindo Ike Suharjo mengunjungi Kampung Sembilangan, Kelurahan Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (15/8/2022). Ike melihat berbagai potensi wisata Kampung Sembilangan.

Potensi wisata di Kampung Sembilangan tersebut antara lain keindahan alam berupa berjejernya tambak, empang, dan berbagai kegiatan warga seperti pengolahan rumput laut hingga pemancingan bandeng untuk umum.

"Ternyata di sekitar Jakarta ada tempat asyik, tidak perlu jauh-jauh ke luar kota bisa healing di sini. Kita harap potensi wisata di desa ini kembali dan otomatis mempengaruhi ekonomi warga sekitar akan semakin bagus," ujar Ike dalam Podcast Aksi Nyata Perindo yang disiarkan secara daring, Senin (15/8/2022).

Kepala Dusun Dua Desa Hurip Jaya dan Samudera Jaya Ustaz Hasan Basri mengatakan, sebelumnya desa tersebut sempat mengelola salah satu potensi wisata yakni Sungai Rindu & Hutan Mangrove Sembilangan. Namun, karena pandemi Covid-19, menyebabkan pengunjung menurun drastis hingga tempat wisata tersebut terbengkalai.

"Kegiatan dari pengelola Sungai Rindu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membangun kembali setelah pandemi. Cuma karena keterbatasan biaya akhirnya sampai sekarang belum bisa diperbaiki dan belum bisa dimanfaatkan," kata dia.

Kendala lainnya bagi warga sekitar ialah akses jalan yang kurang memadai menyebabkan pengembangan ekowisata terhambat. Dia mengaku, walaupun beberapa kali sudah diperbaiki pemerintah namun jalan tersebut sering terkikis oleh abrasi laut setiap malam hari. Menurutnya, dibutuhkan penanganan khusus dalam pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut.

"Setiap musim pancaroba air gelombang pasang laut tinggi naik ke batas normal akhirnya jalannya yang tadinya sudah bisa diperbaiki oleh pemerintah karena setiap malam abrasi air laut pada akhirnya rusak lagi rusak lagi. Diharapkan ada penanganan yang khusus untuk lingkungan itu,"ujarnya.

Sebagai informasi, Kampung Sembilangan Babelan memiliki dua desa yaitu Hurip Jaya dan Samudera Jaya. Satu kampung tersebut memiliki kurang lebih 3.000 jiwa. Rata-rata warga memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, petambak, dan pengolah rumput laut.
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1913 seconds (11.210#12.26)