7 Tempat Wisata Religi di Jakarta, Bersejarah dan Punya Arsitektur Menarik

Senin, 15 Agustus 2022 - 16:42 WIB
loading...
7 Tempat Wisata Religi di Jakarta, Bersejarah dan Punya Arsitektur Menarik
Terdapat sedikitnya tujuh wisata religi di Jakarta yang patut untuk dikunjungi. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya tujuh wisata religi di Jakarta yang patut untuk dikunjungi. Selain keperluan agama dan menikmati keindahannya, wisata religi ini memiliki sejarah tersendiri.

Terkadang wisata ini mulai ramai dikunjungi pada hari besar keagamaan, seperti menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Baca juga : Wisata Religi : Mengenal Masjid Tertua di Indonesia

Berikut tujuh tempat wisata religi di Jakarta seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Masjid Istiqlal

Tempat wisata religi di Jakarta yang pertama adalah Masjid Istiqlal. Salah satu masjid terbesar di Indonesia yang merupakan bekas Taman Wilhelmina sebelah timur laut Lapangan Medan Merdeka. Masjid ini selalu ramai didatangi para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Masjid yang luas ini mulai dibangun pada 24 Agustus 1961 yang merupakan usul dari Menteri Agama KH. Wahid Hasyim dan Anwar Tjokroaminoto kala itu.

Masjid yang memiliki gabungan antara gaya arsitektur Indonesia, Timur Tengah dan Eropa ini dirancang oleh Frederich Silaban. Sebanyak 200 ribu orang dapat ditampung di tempat ini.

2. Masjid Si Pitung

Masjid ini erat kaitannya dengan sosok pahlawan betawi yang terletak di tepi Pantai Marunda, Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. Masjid ini juga menjadi tempat wisata religi yang bisa dikunjungi di Jakarta.

Dibangun oleh Si Pitung dan keluarganya pada tahun 1600-an memiliki arsitektur yang cukup sederhana dengan ukuran cukup kecil.

Atap yang berbentuk joglo dan ditopang dengan empat pilar juga menjadi hiasan tersendiri bagi masjid yang telah menjadi Cagar Budaya sejak 1975 ini.

3. Masjid Luar Batang

Terletak di Jalan Luar Batang, Gang V No. 1, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, masjid Luar Batang juga menjadi tempat wisata yang cukup bersejarah.

Bahkan setiap harinya masjid ini kerap didatangi ribuan peziarah dikarenakan dalam kompleks masjid terdapat makam Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus.

Masjid sederhana yang telah dilengkapi dengan dua menara mirip mercusuar ini juga telah menjadi Cagar Budaya sejak 1993 lalu.

4. Masjid At Tin

Masjid At Tin terletak di Jalan Taman Mini 1 No.3, Pinang Ranti, Jakarta Timur. Dibangun pada tahun 1967, kini masjid tersebut telah menjelma menjadi bangunan yang megah.

Di Sekitar masjid terdapat taman berhias lampu dan pohon palem yang berderet lurus sehingga punya suasana ala-ala Timur Tengah. Jalan masuk juga dihiasi lampu dinding yang berwarna warni. Banyak juga terdapat berbagai ornamen mewah yang menghiasi masjid ini semakin eksentrik.

5. Masjid Perahu Baiturrahman

Masjid dengan bentuk arsitektur luar menyerupai perahu ini terletak di Jalan Casablanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Perahu ini melambangkan kisah Nabi Nuh AS yang memberi banyak pelajaran bagi umat Islam.

Dibangun oleh KH Abdurrahman Masum pada tahun 1960-an, masjid ini memiliki beberapa hal unik seperti Al-Quran berukuran 2x1 meter dan setebal 30 cm. Terdapat pula emas seberat 3 kg berjumlah 99 sesuai Asmaul Husnah.

Baca juga : Pulau Panjang Kepulauan Seribu Disiapkan Jadi Tempat Wisata Religi

6. Jakarta Islamic Center

Selain berwisata religi di Jakarta Islamic Center juga bisa menambah pengetahuan tentang sejarah dan ajaran Islam. Berlokasi di Kramat Tunggak, Jakarta Utara.

Di JIC kerap terdapat berbagai seminar dan berbagai program pemberdayaan. Bangunan ini merupakan rancangan dari Ahmad Noe-man, arsitek yang juga mendesain Masjid At-Tin yang sebelumnya telah dibahas.

7. Masjid Agung Al Azhar

Berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masjid Agung Al Azhar dibangun pada 1953, memiliki bangunan yang megah dan berwarna putih bak Taj Mahal di India.

Banyak orang berkunjung ke Masjid yang berada di kawasan Jakarta Selatan ini karena punya taman dan corak bangunan yang indah.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)