Profil Briptu Christeel Racheltania, Polwan Cantik Penembak Jitu Korps Brimob

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 17:26 WIB
loading...
Profil Briptu Christeel Racheltania, Polwan Cantik Penembak Jitu Korps Brimob
Briptu Rachel Philip merupakan polwan cantik penembak jitu dari Satuan 1 Gegana Brimob Polri yang sudah banyak meraih prestasi di dalam dan luar negeri. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Briptu Christeel Racheltania Philip merupakan polwan cantik penembak jitu dari Satuan 1 Gegana Brimob Polri. Wanita yang akrab disapa Briptu Rachel ini sudah banyak meraih prestasi di dalam dan luar negeri .

Dalam kesehariannya, Briptu Rachel rutin mengikuti latihan pasukan antiteror, seperti perlawanan antiteror, menjinakkan bom, SAR, dan penanggulangan huru-hara. Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/8/2022), di usia muda Polwan cantik ini sudah banyak meraih prestasi membanggakan. Salah satunya, Briptu Rachel Philip adalah Polwan Brimob pertama yang mengikuti pelatihan antiteror di Amerika Serikat.



Briptu Rachel mendapat kesempatan mengikuti pelatihan bersama pasukan elite Amerika Serikat pada tahun 2014 setelah melewati seleksi dan penilaian ketat. Menariknya, dalam program pelatihan Crisis Response Team (CRT) di Washington DC, Amerika Serikat, yang berlangsung 1,5 bulan itu, Briptu Rachel Philip berhasil meraih penilaian terbaik mengalahkan peserta negara lain yang umumnya laki-laki.

Profil Briptu Christeel Racheltania, Polwan Cantik Penembak Jitu Korps Brimob


Nama Briptu Christeel Racheltania Philip ramai mencuat ke publik saat kerusuhan tahanan terorisme di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, pada 8 Mei 2018 lalu. Saat itu, Mako Brimob mencekam hampir selama 36 jam. Sebanyak 10 anggota polisi disandera, dan 5 di antaranya tewas.

Di balik penyergapan teroris yang tengah memanas tersebut, ternyata ada sosok srikandi Bhayangkara. Dia adalah Briptu Rachel Philip yang terjun langsung mengamankan proses evakuasi 155 napi teroris yang mengamuk kala itu. Kontan, kehadiran polwan cantik dan berkulit putih bersih itu menjadi perbincangan masyarakat luas, terutama warganet.

Profil Briptu Christeel Racheltania, Polwan Cantik Penembak Jitu Korps Brimob


Lulusan Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) itu sejak lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) memang sudah bercita-cita masuk Korps Bhayangkara. Apalagi orang tua sangat mendukung.



Begitu lulus Sepolwan tahun 2009 sebagai bintara, ia langsung memilih Satuan Gegana. Selama di Gegana, Briptu Rachel sudah merasakan tugas penting, baik di dalam maupun luar negeri. Salah satunya mengikuti misi kemanusiaan ke Jeddah, Arab Saudi, dalam rangka penjemputan tenaga kerja Indonesia (TKI) overstay, pada tahun 2011. Ia pun merasakan perjalanan panjang 11 hari dengan Kapal Pelni KM Labobar.

Profil Briptu Christeel Racheltania, Polwan Cantik Penembak Jitu Korps Brimob


Meski berparas cantik, Briptu Rachel memang punya hobi olahraga ekstrem yang tak lazim dilakoni kaum wanita, seperti Grasstrack dengan menunggangi sepeda motor dirt bike jenis Satria FU yang ia modifikasi. Ia sudah kerap menjalani hobi ini sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Polwan berusia 30 tahun ini juga punya hobi yang tak kalah ekstrem, yakni terjun payung. Briptu Rachel sudah merasakan pengalaman terjun payung di berbagai wilayah Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, hingga Maluku.

Atas kemampuannya dalam hal terjun payung itu, Briptu Rachel menerima penghargaan sebagai polwan berprestasi dari Kapolri saat HUT Polwan ke-68 tahun
2016 lalu.

Hal unik lainnya, Briptu Rachel juga hobi berburu di hutan. Wanita kelahiran tahun 1991 ini juga ternyata jago bernyanyi. Ia tergabung dalam band Brimob bernama D'Brims.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)