Kolaborasi dengan Shopee, IKAPI Gelar Jakarta Book Fair Online

Selasa, 30 Juni 2020 - 00:12 WIB
loading...
Kolaborasi dengan Shopee, IKAPI Gelar Jakarta Book Fair Online
IKAPI DKI Jakarta bersama dengan Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan dan Republika menggelar Jakarta Book Fair Online 2020.
A A A
JAKARTA - Buku dikenal sebagai jendela dunia pengetahuan. Dengan membaca buku, pengetahuan seseorang dapat bertambah. Buku juga merupakan salah satu alternatif cerdas untuk mengisi waktu luang yang produktif dan bermanfaat.

Di masa new normal, meski sudah bisa melakukan kegiatan di luar rumah, namun dihimbau untuk tetap mematuhi regulasi pembatasan dan protokol kesehatan yang berlaku. Keterbatasan ruang gerak yang dihadapi telah menciptakan perubahan khususnya dalam pola perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan di luar rumah.

Untuk itu, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta bersama dengan Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan dan Republika menggelar Jakarta Book Fair (Jakbook) Online 2020 dari 29 Juni hingga 2 Juli.(Baca: 500 Paket Sembako Jadi Syarat Ketua DPW PAN DKI)

Berbeda dengan Jakbook sebelumnya, tahun ini IKAPI menggelar Jakarta Book Fair melalui platform destinasi belanja online, Shopee memberikan akses mudah terhadap pengguna di seluruh Indonesia terhadap rangkaian pilihan buku dari berbagai penerbit dan mitra brand tanpa harus keluar rumah.

Ketua IKAPI DKI Hikmat Kurnia mengatakan, piaknya senang bisa berkolaborasi dengan Shopee dan Republika dalam menghadirkan pameran Shopee Jakarta Book Fair Online. Di tengah kondisi seperti ini, anjutnya, sangat penting untuk menghadirkan suatu inisiatif guna memberikan wadah yang dapat mempertemukan konsumen di seluruh Indonesia dengan rangkaian karya terbaik dari penerbit dan mitra terpercaya.

"Kegiatan ini merupakan respon atas kebutuhan para penerbit untuk membuka peluang pasar yang lebih luas melalui daring. Kebutuhan itu ditanggapi Shopee secara baik sehingga pameran online ini bisa terwujud. Terdapat 90 penerbit yang berpartisipasi, 31 ribu judul buku dan lebih dari 900 ribu eksemplar yang disiapkan para penerbit selama JakBook berlangsung ," katanya.

Radityo Triatmojo, Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia mengatakan, pihaknya selalu mendukung konsumen dalam menjalankan the new normal, dengan berupaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna serta menciptakan pengalaman belanja online terbaik. Salah satunya dengan menghadirkan kampanye Jakarta Book Fair Online 2020.

"Kami berharap melalui kampanye ini, Shopee dapat mengambil peran dalam mendukung kampanye literasi dan budaya membaca dengan memperluas jangkauan dan memberi akses akan rangkaian pilihan buku bacaan kepada pengguna di seluruh Indonesia tanpa harus keluar rumah," katanya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Jakarta Book Fair Online 2020 yang dikerjakan kolaborasi IKAPI dengan marketplace Shopee. Ini menjadi unik karena Jakarta sedang menghadapi pandemi, JakBook yang biasanya diselenggarakan IKAPI DKI Jakarta secara rutin punya tantangan karena jaga jarak menjadi sesuatu yang amat sulit dilakukan.

Karena itu, ketika dilakukan secara online saya menyambut baik, “bahwa pameran buku ini kesempatan untuk meningkatkan kemampuan literasi, menumbuhkan minat baca, juga menambah ilmu pengetahuan,” jelasnya pada Senin (29/6/2020) ini. (Baca: Meski Aturan PSBB Diperpanjang, Massa PDIP Nekat Geruduk Polres Tangsel )

Anies menambahkan, pameran buku harus terus tetap dikerjakan. Saya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Jakarta Book Fair Online 2020 yang akan diselenggarakan 29 Juni-2 Juli 2020. “Kepada IKAPI DKI Jakarta dan Shopee saya sampaikan terima kasih, dan mengapresiasi atas upayanya telah mendorong kegiatan ini untuk tetap berlangsung. Dan berharap dapat memberikan manfaat bagi semuanya,” harapnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)