alexametrics

Cara hindari ranjau paku di jalan

loading...
Cara hindari ranjau paku di jalan
Ilustrasi. (sindophoto)
A+ A-
Sindonews.com - Banyaknya ranjau paku yang ditebar di jalan sebenarnya bisa dihindari dengan cara ini. Namun cara yang efektif memang dengan melakukan razia paku di jalan.

Menurut Ketua Relawan Saber, Abdul Rohim, berdasarkan pengalamannya lima tahun membersihkan ranjau paku di jalan, ada berbagai jenis ranjau paku yang kerap ditemukan.

Ada dua jenis ranjau yang biasa ditebar, yakni paku dan potongan besi jari-jari payung. Untuk paku biasanya panjang berkisar dari dua sampai lima sentimeter.



"Semakin panjang paku, semakin besar daya rusaknya terhadap ban kendaraan. Paku sepanjang lima sentimenter bisa membuat ban langsung kehabisan angin," ungkapnya ketika ditemui di Kantor Satwilantas Jaktim, Rabu (26/3/2014).

Kendati begitu, ranjau paku berbentuk siku yang paling berbahaya. Karena mudah menancap pada ban meski kendaraan berjalan pelan. Sebelum ditebar, paku tersebut direndam di cairan kimia tertentu sehingga warnanya berubah menjadi coklat.

Sedangkan ranjau yang terbuat dari potongan besi jari-jari payung, kata Rohim, daya rusaknya paling tinggi terhadap ban. Jika ban motor atau mobil menginjak ranjau jenis ini, maka ban luar akan sobek dan ban dalam akan koyak sehingga sulit ditambal.

"Panjang besi payung ini biasanya lima sentimeter dan ditebar di jalan yang lalu lintasnya sepi, jadi kendaraan bisa melaju cepat, agar efektif merusak ban," jelasnya.

Rohim menyarankan para pemilik kendaraan bermotor di Jakarta untuk mengganti ban kendarannya dengan ban tube-less alias ban yang tidak memakai ban dalam.

Pengendara juga dihimbau tidak membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi. Karena resiko rusak ban lebih tinggi saat laju kendaraan cepat.

"Ban tubles tidak langsung kempis jika kena ranjau dan perbaikannya mudah. Namun ban tubles juga bisa rusak jika terkena ranjau jenis besi payung. Yang penting jangan ngebut kalau di daerah rawan paku," paparnya.

Baca juga:
Bekuk penebar ranjau, Ahok sebar intel

Ini kisah korban ranjau paku

Lihat fotonya klik disini dan videonya klik ini
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak