Anies: Media Punya Peran Penting Jaga Trust Masyarakat

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 19:38 WIB
loading...
Anies: Media Punya Peran Penting Jaga Trust Masyarakat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai media mempunyai peran penting untuk menjaga demokrasi . Salah satunya, menimbulkan kepercayaan di masyarakat .

Bagi Anies, pilar demokrasi merupakan kepercayaan. Sementara otoriter merupakan ketakutan. Karena itu, ia menilai peran pers harus menjaga kepercayaan publik dengan pemberitaan. Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Forum Pemred Dorong Konferensi Pers Digelar Virtual

"Nah kita sebagai negara demokrasi harus bisa menjaga trust. Media punya penting untuk bisa timbulkan trust di masyarakat. Caranya? Salah satunya media menghasilkan informasi yang objektif, informasi yang tunjukkan secara apa adanyafakta, lengkap," terang Anies dalam perayaan HUT ke-10 Forum Pemred di Jakarta Selatan, Jumat (5/8/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menilai, persatuan sulit terbentuk bila tanpa kesetaraan. Media massa diharapkan konsisten menjaga kesetaraan tersebut.



"Bila media menjadi wahana untuk memberikan kesetaraan gagasan, kesempatan, maka saya yakin rasa kebersamaan muncul, persatuan akan bisa muncul," ucap Anies.

Melalui Forum Pemred, Anies berharap, konsolidasi media massa dapat dilakukan agar demokrasi menjadi kuat. Pasalnya, kepercayaan dan objektivitas lahir dalam kepercayaan.

"Selamat ulang tahun, kami berharap Forum Pemred bisa menjadi bidang untuk kembalikan dan memperkuat objektivitas dalam pemberitaan," terang Anies. Baca juga: HUT ke-10 Forum Pemred, Menko Airlangga Bicara tentang Pertumbuhan Ekonomi

Forum Pemred merayakan ulang tahun ke-10 pada hari ini. Dalam acara itu, turut dihadiri oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum PKB Muhaimim Iskandar.

Perhimpunan Forum Pemred didirikan oleh para pemimpin redaksi media nasional dan daerah di Jakarta pada 18 Juli 2012. Perhimpunan bersifat independen, tidak berafiliasi pada organisasi wartawan, organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan. Perhimpunan berkomitmen memperbaiki kehidupan bangsa dan negara melalui penegakan kemerdekaan pers yang taat pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ).
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2243 seconds (11.252#12.26)