Pemkot Bogor Bakal Tata Kawasan Tugu Kujang

Rabu, 03 Agustus 2022 - 15:09 WIB
loading...
Pemkot Bogor Bakal Tata Kawasan Tugu Kujang
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Foto/Haryudi/SINDOnews
A A A
BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal menata kawasan Tugu Kujang , Tepas Salapan Lawang Dasakerta hingga area Botani Square secara terintegrasi . Rencana penataan ini berawal dari kebutuhan revitalisasi Tugu Kujang karena ada beberapa bagian yang sudah dimakan usia.

Demikian disampaikan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Bogor, Rabu (3/8/2022).

"Untuk itu kami melakukan perencanaan. Tetapi saya berpikir, bahwa sebaiknya dilakukan perencanaan yang terintegrasi dengan kawasan ini. Karena dulunya ketika didirikan lebih kepada untuk landmark Tugu Kujang," kata Bima dalam keterangannya.

Di sisi lain, kata dia, ruang publik saat ini sangat dibutuhkan oleh warga untuk berolahraga dan aktivitas lainnya. Terlebih, pengaturan lalu lintas juga harus diatur agar lebih efektif. Karena di Jalan Otto Iskandardinata atau Otista ini satu sumber kemacetan.



"Di perubahan APBD tahun ini kita akan buat konsep perencanaan yang terintegrasi. Tugu Kujang, Lawang Salapan, Botani itu akan terintegrasi. Ini akan menjadi seperti Bundaran HI Kota Bogor," jelasnya.

Namun, Bima beranggapan rencana ini memerlukan kerja sama semua, mulai dari Dinas Koperasi, UKM, Dagin, Dinas PUPR, Disperumkim untuk menyusun desainnya bersama-sama.

"Jadi di sini jangan sampai jadi kawasan kumuh, nongkrong boleh tetapi tidak melanggar aturan dan menjaga kebersihan, karena itu harus diatur dan harus difasilitasi. Nanti ada tempat duduk yang nyaman," tuturnya.

Pemkot Bogor akan menargetkan desainnya rampung pada tahun ini dan pengerjaan revitalisasi tahun depan.

"Kita akan koordinasi dengan BRIN, IPB University, Botani Square. Kita akan ajak semua, kami masih susun konsepnya," tutur Bima.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)