6 Fakta Penimbunan Bansos Presiden di Tanah Depok, Nomor 2 Dibongkar oleh Karyawan Ini

Senin, 01 Agustus 2022 - 11:11 WIB
loading...
6 Fakta Penimbunan Bansos Presiden di Tanah Depok, Nomor 2 Dibongkar oleh Karyawan Ini
Penimbunan Bansos Presiden Joko Widodo di dalam tanah Jalan Tugu Jaya, Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok membikin heboh sekaligus disayangkan. Foto: Ist
A A A
DEPOK - Penimbunan Bantuan Sosial ( Bansos ) Presiden Joko Widodo di dalam tanah Jalan Tugu Jaya, Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok membikin heboh sekaligus disayangkan. Padahal, tumpukan karung beras itu sangat dibutuhkan oleh warga terdampak pandemi Covid-19.

Dari kejadian penimbunan Bansos Presiden di tanah Depok memunculkan fakta-fakta ke permukaan. Setidaknya ada 6 fakta lapangan dari pemendaman Bansos Presiden di tanah yang dihimpun SINDOnews, Senin (1/8/2022):
Baca juga: Lahan Penimbunan Bansos Presiden di Depok Diketahui Area Parkir JNE

1. Bansos Presiden Tahun 2020 untuk Warga Terdampak Pandemi
Bansos Presiden itu merupakan bantuan tahun 2020 untuk warga terdampak pandemi Covid-19. Saat ditemukan di karung beras terdapat tulisan Bantuan Presiden yang dikoordinir Kementerian Sosial (Kemensos) untuk masyarakat luar Pulau Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, dan NTT.

2. Terbongkar Berkat Karyawan JNE yang Dipecat
Diketahuinya timbunan Bansos Presiden di tanah Depok dari salah satu karyawan perusahaan logistik JNE. “Saya dapat informasi dari orang dalam JNE yang katanya ada pemendaman sembako,” kata Rudi Samin, warga yang membongkar timbunan Bansos Presiden di Sukmajaya, Depok, Minggu (31/7/2022).

Rudi mengaku mendapat informasi tersebut dari S yang pernah bekerja di gudang JNE cabang Depok, tapi dipecat karena tudingan mencuri. “Yang bersangkutan pernah kerja di sini (JNE) dan ngaku pernah diperintahkan bawa sembako ke dalam mobil besar oleh koordinator JNE inisial A. Saya penasaran, maka saya cari sampai dua hari. Nah, hari ketiga saya dapat dengan menggunakan backhoe,” ujar Rudi. Atas temuan tersebut dilaporkan ke Polres Metro Depok.

3. Satu Kontainer Beras Bansos
Beras Bansos Presiden yang dikubur di tanah kawasan Tirtajaya, Sukmajaya, Depok diperkirakan mencapai satu kontainer. Ketika digali kembali, beras dalam karungan di lahan area parkir JNE tersebut sudah rusak dan bau.

“Patut diduga satu kontainer JNE membawa sembako dan kemudian dipendam di sini. Beras itu masih ada yang karungan, sagunya juga ada,” ujar Rudi Samin.

4. Lahan Penimbunan Diketahui Area Parkir JNE
Lahan penimbunan Bansos Presiden di dalam tanah kawasan Tirtajaya, Sukmajaya, Depok diketahui area parkir JNE. Camat Sukmajaya Fery Birowo sampai terkejut lahan itu dijadikan penimbunan beras Bansos Presiden.

“Kami sempat agak kaget juga ternyata di situ ada penimbunan beras Banpres. Karena lokasi tersebut sudah beberapa tahun digunakan untuk lokasi parkir JNE. Beberapa tahun di dekat situ biasanya lurah atau warga ada beraktivitas di situ dan selalu ramai,” kata Fery.

5. Camat dan Lurah Terkejut Atas Temuan Penimbunan Bansos
Camat Sukmajaya Fery Birowo dan Lurah Tirtajaya Imron terkaget-kaget mengetahui temuan timbunan Bansos Presiden dikubur di dalam tanah Jalan Tugu Jaya, Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)