Profil Wasimin, Pecatan PDIP yang Loncat ke Demokrat Ternyata Penguasa Bekasi Utara

Jum'at, 29 Juli 2022 - 09:51 WIB
loading...
Profil Wasimin, Pecatan PDIP yang Loncat ke Demokrat Ternyata Penguasa Bekasi Utara
Wasimin (empat kiri), anggota DPRD Kota Bekasi yang dipecat PDIP kini berlabuh ke Partai Demokrat Kota Bekasi. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Anggota DPRD Kota Bekasi Wasimin dipecat oleh PDIP . Tak butuh lama, kini legislator dua periode yang menguasai wilayah Bekasi Utara itu berlabuh ke Partai Demokrat .

Pemecatan politikus ulung Wasimin tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 108/KPTS/DPP/2021 yang langsung ditandatangani Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputi dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Dalam surat keputusan tersebut, alasan partai memecat Wasimin karena yang bersangkutan menolak atau tidak bersedia melaksanakan keputusan Mahkamah Partai tentang sengketa Perselisihan Hasil Pemilu 2019.
Baca juga: Keluar PDIP, Politikus Senior Ini Berlabuh ke Partai Demokrat Kota Bekasi

"Penolakan Wasimin dianggap partai sebagai pelanggaran kode etik dan disiplin partai yang dikategorikan pelanggaran berat," ujar Wakil Ketua Bidang Hukum dan Keamanan DPC PDIP Kota Bekasi Yohanes Sugita, beberapa waktu lalu.

Adapun putusan Mahkamah Partai yakni menyatakan Wasimin kalah perolehan suara dari Enie Widhiastuti, pesaingnya pada perhelatan Pileg 2019 sekaligus pihak yang menggugat Wasimin di Mahkamah Partai.

"Hasil keputusan tersebut mengharuskan Wasimin menjalani Pemberhentian Antar Waktu (PAW) untuk selanjutnya digantikan posisinya oleh Enie Widhiastuti menjadi Anggota DPRD Kota Bekasi," kata Yohanes.

Pada awal Juli 2022, DPRD Kota Bekasi menggelar rapat paripurna PAW Anggota DPRD periode 2019-2024. Enie Widhiastuti resmi dilantik menjadi anggota DPRD Kota Bekasi menggantikan Wasimin dari Fraksi PDIP.

Usai dipecat PDIP, Wasimin berlabuh ke Partai Demokrat Kota Bekasi. Dia melepaskan jabatannya melalui proses PAW pada bulan ini sekaligus keluar dari partai berlambang banteng.

Berlabuhnya Wasimin ke Partai Demokrat Kota Bekasi diketahui setelah beredar video berdurasi 15 detik melalui pesan WhatsApp/WA yang memperlihatkan Wasimin dan beberapa pendukungnya berpose dengan berseragam partai berlambang Mercy di teras rumahnya.

Belum ada keterangan resmi dari Wasimin terkait kepindahannya ke Demokrat. Namun, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bekasi Ronny Hermawan memastikan kabar bergabungnya Wasimin ke Demokrat itu benar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1438 seconds (11.97#12.26)